Lifestyle
Jumat, 3 Mei 2024 - 21:36 WIB

Begini Cara Menghadapi Orang dengan NPD

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bertengkar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Agar kesehatan mental terjaga, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara menghadapi orang dengan gangguan mental narcissistic personality disorder  atau NPD. Simak ulasannya di tips sehat ini.

Sebagaimana diketahui salah satu gangguan kesehatan mental ini jadi sorotan warganet setelah pedangdut Via Vallen curhat mengenai keluarganya yang toxic.  Melalui unggahan di Instagram, perempuan berusia 32 tahun ini mengaku terjebak di tengah-tengah orang tak baik. Sehingga, ia sampai harus mengalami situasi tak menyenangkan dan membuat hidup menjadi tak nyaman.

Advertisement

“Aku ada di lingkungan orang-orang yang egois. Orang-orang yang secara psikologi, ciri-cirinya seperti pengidap NPD. Jadi mau semenderita apapun kita, mereka nggak akan peduli, kalau diomong pun, yang ada malah jadi adu nasib, dan itu capek. Namanya manusia itu pasti punya batas sabar,” tutur Via Vallen di Instagramnya, beberapa waktu lalu.

Via pun mengaku bahwa selama ini ia sudah sering memberikan bantuan untuk orang-orang yang ia maksud dalam curhatannya ini. Akan tetapi, ia merasa semakin jengah karena mereka justru tidak tahu diri dan seolah memanfaatkan kebaikannya. Sampai-sampai, Via pun harus terseret kasus yang tak ia ketahui asal mulanya.

Advertisement

Via pun mengaku bahwa selama ini ia sudah sering memberikan bantuan untuk orang-orang yang ia maksud dalam curhatannya ini. Akan tetapi, ia merasa semakin jengah karena mereka justru tidak tahu diri dan seolah memanfaatkan kebaikannya. Sampai-sampai, Via pun harus terseret kasus yang tak ia ketahui asal mulanya.

Sebelum tahu bagaimana menghadapi orang dengan gangguan jiwa NPD, ketahui dulu NPD adalah gangguan mental yang pengidapnya merasa diri sendiri lebih penting dari orang lain sehingga orang lain harus mengagumi atau memujanya. Sering kali orang dengan NPD tidak sadar dirinya mengalami gangguan mental dan memperlakukan orang lain lebih buruk.

Di sisi lain, seseorang yang terus-menerus berinteraksi dengan pengidap NPD justru bisa rentan mengalami gangguan mental. Untuk itu, kita perlu mengenali orang dengan NPD sedari awal dan memahami cara menghadapinya.

Advertisement

Orang dengan NPD juga sering berimajinasi tentang kekayaan, kesuksesan, kecantikan, kekuasaan, dan hal-hal lain yang lebih tinggi dibandingkan orang lain. Orang dengan NPD juga sangat pemilih dan hanya mau bergaul atau berinteraksi dengan orang-orang yang sepadan.

Mengapa menghadapi orang dengan NPD itu sulit dan justru kita bisa merasa terintimidasi? Apalagi jika orang dengan NPD adalah anggota keluarga atau orang yang ditemui hampir tiap hari.

Pertama, karena orang yang mempunyai penyakit gangguan mental NPD tidak merasa dirinya “sakit” dan selalu merasa superior. Karena merasa unggul dan tidak “sakit”, orang dengan NPD akan sulit diarahkan untuk konsultasi ke psikolog.

Advertisement

Kedua, orang dengan NPD sering merendahkan orang lain. Jika orang dengan NPD adalah orangtua kita sendiri, sikap meremehkan dan mungkin hinaan dari orangtua sehari-hari selama bertahun-tahun bisa memicu tekanan mental.

Ketiga, orang dengan NPD haus akan pujian dan mengharapkan penghormatan, pemujaan, dan rasa cinta berlebih dari orang lain. Sikap ini bisa membuat orang lain merasa tertekan karena harus terus-menerus memuaskan ego orang dengan NPD.

Keempat, orang dengan NPD bisa memanfaatkan orang lain demi meraih tujuannya dan mengabaikan kondisi dan perasaan orang lain. Hal ini bisa membuat kerugian pada orang lain dan membuat orang lain tertekan.

Advertisement

Berikut ini cara bijak menghadapi orang dengan gangguan NPD:

1. Menerima kondisi

Mempunyai keluarga atau rekan kerja yang mengidap NPD bisa menguras mental. Namun, kita perlu menyadari bahwa kita tidak bisa mengubah sikap orang dengan NPD karena mereka tidak merasa “sakit” dan tidak bisa menerima kritik. Saat mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan, kita perlu menyadari bahwa hal tersebut adalah perilaku umum orang dengan NPD.

2. Jaga jarak

Cara berikutnya menghadapi orang dengan NPD adalah jagalah jarak. Menjalani kehidupan satu atap bersama orang dengan NPD tidaklah mudah. Oleh karena itu, usahakanlah agar tidak terlalu sering berinteraksi dengan mereka, terutama jika mereka menunjukkan tanda-tanda ingin merendahkan atau memanfaatkan orang lain untuk kepentingan diri sendiri.

3. Tolak dengan tegas

Orang dengan NPD sering kali memanfaatkan orang lain untuk mencapai tujuannya. Jika kita merasa tidak setuju, utarakan dengan jelas penolakan kita. Apalagi jika keinginan mereka bertentangan dengan norma sosial, etika kerja, atau regulasi resmi.

4. Tetap tenang

Cara berikutnya menghadapi orang dengan NPD adalah tetap tenang. Kendalikanlah diri agar tetap tenang. Perhatikan kata-kata yang mereka lontarkan. Jika mereka mulai mengeluarkan kata-kata bernada negatif dan merendahkan, abaikan dan segera jauhi, tanpa perlu terpancing emosi.

Saat menghadapi orang dengan NPD, justru mental kita yang perlu dijaga. Kita juga perlu memilih sikap yang tepat ketika menghadapi mereka di lingkungan rumah, lingkungan kerja, atau lingkungan sosial.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif