Soloraya
Senin, 6 Mei 2024 - 22:00 WIB

Mengenal Si Olen, Maskot Pilkada Klaten yang Diluncurkan di Konser Guyon Waton

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KPU Klaten meluncurkan maskot Pilkada Klaten 2024 bernama Si Olen saat peluncuran tahapan Pilkada yang dimeriahkan konser Guyon Waton di Alun-alun Klaten, Minggu (5/5/2024) malam. (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Panggung konser musik peluncuran Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Klaten 2024 di Alun-alun Klaten berlangsung meriah, Minggu (5/5/2024) malam. Ribuan orang goyang bareng di panggung konser yang menghadirkan bintang tamu Guyon Waton itu.

Pada peluncuran Pilkada Klaten 2024 itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten sekaligus meluncurkan maskot dan jingle Pilkada Klaten 2024. Maskot dan jingle itu merupakan karya pemenang lomba yang sebelumnya digelar KPU Klaten.

Advertisement

Maskot yang diluncurkan diberi nama Si Olen yang merupakan akronim dari Si Padi Rojolele Klaten. “Tema maskot padi rojolele ini hendak menegaskan kembali bahwa Indonesia adalah negara agraris dan Klaten adalah lumbung padi nasional,” kata Ketua KPU Klaten, Primus Supriono, dalam sambutannya pada acara tersebut.

Primus menjelaskan kehidupan masyarakat petani di negeri agraris sangat kental dengan iklim demokrasi yang khas. Masyarakat petani kental dengan musyawarah mufakat, menghargai perbedaan pendapat, toleransi, tenggang rasa, dan gotong royong.

Lantaran hal itu, Si Olen menjadi maskot pada Pilkada Klaten 2024 karena dekat dengan masyarakat Kabupaten Bersinar yang berkultur agraris. Dalam kesempatan itu, Primus berharap Pilkada 2024 yang digelar Rabu Pon, 27 November 2024, bisa melahirkan pemimpin yang amanah, adil, dan bijaksana mampu mewujudkan Klaten semakin bersinar.

Advertisement

“Agar harapan itu bisa terwujud, Pilkada harus terselenggara dengan aman, edukatif, dan penuh kegembiraan. Oleh karena itu kami harapkan dukungan pemerintah TNI/Polri serta partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat,” jelas dia.

Selain itu, Primus juga menyerukan penyelenggara Pilkada yang inklusif, berlaku adil terhadap seluruh lapisan masyarakat termasuk kaum perempuan, penyandang disabilitas, kelompok minoritas dan marginal.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengapresiasi seluruh pihak yang sudah menyukseskan Pemilu serentak hingga berjalan kondusif.

Advertisement

“Maka berkaca dengan hal tersebut, saya meminta untuk pelaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten juga untuk menjaga keadaan yang aman dan kondusif. Sehingga pelaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten yang akan dilaksanakan Rabu Pon, 27 November 2024, juga bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Jajang juga berpesan kepada KPU, Bawaslu serta seluruh penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa mampu menjalankan tugas dengan baik.

“Terus berproses sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan. Saya tegaskan juga kepada partai politik dan pasangan calon bersama tim pemenangan masing-masing untuk melakukan kampanye-kampanye yang sehat. Karena kita harus melakukan Pilkada yang damai, jujur, berintegritas, dan menolak tindakan yang tidak terpuji,” kata Jajang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif