Soloraya
Selasa, 21 Mei 2024 - 13:13 WIB

Bakal Cawawali Solo dari PDIP Sesumbar Bisa Hasilkan PAD Rp1 Triliun per Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota DPRD Solo, Wawanto, saat menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Bakal Cawawali Solo di DPC PDIP Solo, Senin (20/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Bakal Calon Wakil Wali Kota (Cawawali) Solo dari PDIP, Wawanto, menyebut pendapatan asli daerah (PAD) Solo bisa mencapai Rp1 triliun setahun.

Hal itu dia sampaikan usai menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal Cawawali Solo di DPC PDIP Solo, Senin (20/5/2024) siang. “Potensi Solo bisa mencapai Rp1 triliun untuk PAD. Masih bisa dikejar ke sana lah,” ungkap politikus kawakan itu.

Advertisement

Wawanto menilai PAD Solo selama ini masih jauh di bawah Rp1 triliun dikarenakan kebocoran di sana-sini. Padahal untuk bisa mencapai angka Rp1 triliun menurut dia sangat mudah. Bila mendapat rekomendasi, dia akan memaksimalkan potensi PAD.

“Karena kebocoran-kebocoran yang terjadi, dengan PAD yang sekarang untuk mencapai Rp1 triliun sangat mudah. Jadi di kota ini sebenarnya banyak potensi yang belum digarap secara maksimal. Padahal potensial untuk menambah PAD,” kata dia.

Sebagai anggota DPRD Solo dua periode, Wawanto melihat Solo masih bisa lebih maju. Dengan memaksimalkan sumber daya yang ada, Solo harus berkembang menjadi kota yang mapan dan mandiri. Solo tidak boleh terus bergantung pusat.

Advertisement

“Saya ikut penjaringan bakal Cawawali berbekal dua periode menjadi anggota DPRD Solo. Saya melihat perkembangan Solo masih banyak yang perlu digali agar kota ini lebih maju. Gagasan saya Solo menjadi kota mapan dan mandiri,” tutur dia.

Wawanto menjelaskan selama ini Solo banyak mengandalkan dana transfer dari pemerintah pusat untuk membiayai kegiatannya. Padahal bila potensi yang ada digarap secara maksimal, dia meyakini Solo dapat menjadi kota yang mapan dan mandiri.

“Solo tidak boleh terus-terusan mengandalkan dana transfer dari pusat. Kalau bisa mandiri, kenapa tidak. Membangun dengan pendapatan asli kita sendiri,” urai dia. Berdasarkan catatan Solopos.com, Wawanto adalah legislator dari Dapil IV Kota Solo.

Advertisement

Namun, pada kontestasi Pemilu 2024 dia tidak mendapat nomor untuk kembali mencalonkan diri. Alhasil sekarang dia tinggal menunggu masa jabatannya sebagai legislator 2019-2024 berakhir, pada Agustus 2024.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif