Bisnis
Minggu, 28 April 2024 - 17:39 WIB

Selamatkan Masa Tua, Ini Tips Menabung bagi Pelajar

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menabung. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Tak sedikit pelajar yang terbiasa mendapatkan uang saku berlebih dari orang tua mereka.

Namun kebanyakan dari mereka menghabiskan uang saku tersebut untuk jajan atau membeli kebutuhan yang mungkin kurang bermanfaat.

Advertisement

Padahal menyisihkan sedikit demi sedikit uang saku dapat mengajarkan disiplin finansial dan kebiasaan menabung sejak dini. Memang, menjadi hemat bukanlah hal yang mudah terutama jika terbiasa mengeluarkan uang secara tidak terkontrol.

Berikut tips agar pelajar dapat mengelola uang saku dengan bijaksana dan belanja sesuai kebutuhan. Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id belum lama ini, berikut 5 tips menabung bagi pelajar:

1. Menentukan tujuan menabung

Tetapkan tujuan kamu menabung dengan jelas, misalnya untuk membeli barang tertentu atau tabungan darurat. Tujuan yang jelas akan memberimu semangat dan motivasi untuk menabung secara konsisten.

Advertisement

2. Menyisihkan uang saku secara konsisten

Alokasikan sebagian uang saku secara konsisten, misalnya dengan menyisihkan sejumlah kecil setiap harinya dari uang saku yang kamu terima.

3. Menyimpan uang di bank melalui Simpel

Gunakan layanan Simpel (Simpanan Pelajar) dari bank untuk menyimpan uang secara teratur dan otomatis. Tabungan Simpel merupakan produk tabungan yang diterbitkan oleh bank yang diperuntukkan siswa atau pelajar. Biasanya setoran awal hanya Rp5.000 dan setoran lanjutan minimal Rp1.000 saja.

4. Membuat daftar prioritas kebutuhan

Buatlah daftar prioritas kebutuhanmu agar dapat mengalokasikan uang dengan bijak. Kamu dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Advertisement

5. Membawa bekal dari rumah

Siapkan bekal dari rumah untuk menghindari pengeluaran tambahan di sekolah. Selain sehat juga menghemat uang saku lebih banyak.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif