Soloraya
Kamis, 16 Mei 2024 - 13:36 WIB

Sragen Resmi Punya Universitas, Ini Harapan Bupati Yuni

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Rektor Universitas Sragen (Unissra), Suharno, dalam acara Peresmian dan Pelantikan Rektor Unissra di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen pada Kamis (16/5/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN-Kabupaten Sragen resmi memilih kampus dengan beragam program unggulan yaitu Universitas Sragen (Unissra). Peresmian tersebut ditandai dengan acara Peresmian dan Pelantikan Rektor Unissra, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen pada Kamis (16/5/2024).

Sebelumnya, Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan di bawah Yayasan Pondok dan Pendidikan Islam (Yappi) Sragen resmi digabung menjadi Universitas Sragen (Unissra). Terbentuknya Universitas Sragen ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Advertisement

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyebut selain memiliki Unissra, Sragen juga mempunyai Politeknik Pariwisata (Poltekpar) yang saat ini masih menginduk di Poltekpar Bali.

“Menurut Pembina Yappi, Bapak Untung Wiyono mengatakan bahwa sampai dengan hari ini ada 100 mahasiswa yang mendaftar,” kata Bupati.

Advertisement

“Menurut Pembina Yappi, Bapak Untung Wiyono mengatakan bahwa sampai dengan hari ini ada 100 mahasiswa yang mendaftar,” kata Bupati.

Yuni, sapaan akrabnya, berharap dengan adanya Universitas Sragen bisa meningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Bumi Sukowati.

Rektor Unissra Suharno mengaku bakal menjalankan amanah yang sudah diberikan kepada dirinya. Dia mengaku bakal memberikan kinerja terbaik dengan ketulusan hati, dedikasi, integritas, dan optimisme.

Advertisement

“Keberadaan Unissra adalah untuk kemajuan bangsa dan negara. Unissra siap bersinergi dan berkolaborasi untuk menyukseskan program-program pembangunan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Jalinan kemitraan di antara kami akan menjadi kekuatan penting bagi pembangunan dan kemajuan bangsa,” kata Suharno.

Dalam kesempatan yang sama, Suharno menyampaikan terima kasih kepada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang telah memberikan izin kepada dirinya untuk bertugas di Unissra.

Dia menilai hubungan Unissra dan UNS ibarat bapak dan anak. Pihak UNS akan memberikan penuh untuk kemajuan Unissra. Dalam filosofi Jawa, lanjut Suharno, seorang bapak akan bangga jika anaknya lebih maju.

Advertisement

“Dengan demikian suatu saat nanti Unissra bisa lebih maju atau setidaknya sejajar dengan kebesaran UNS,” ujarnya.

Suharno mengajak civitas akademika Unissra agar saling bahu membahu dan saling mendukung serta bekerja secara profesional.

Pembina Yappi Sragen Untung Wiyono mengaku bangga putra daerah Sragen bisa menjadi Rektor Unissra. Sebelumnya Untung menyebut Suharno telah 20 tahun mengabdi di UNS.

Advertisement

“Di Sragen maaf, kita agak ketinggalan kalau kita bicara tentang universitas, bukan pendidikan ya. Jadi ya baru ini, Sragen punya universitas,” terang Untung.

Untung menuturkan cikal bakal Unissra Sragen berasal dari sekolah menengah kejuruan (SMK) pertanian. Menurutnya, di Sragen memang perlu pendidikan yang berkualitas yang menjadi skala prioritas program pemerintah.

Pihaknya membuka program studi (prodi) yang diklaim relevan bagi dunia kerja. Misalnya S1 fisioterapi, S1 ilmu hukum, S1 administrasi rumah sakit, S1 pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), dan DIII keperawatan.

Untung menerangkan sistem pembelajaran di Unissra menggunakan e-learning, sehingga mahasiswa mempunyai fleksibilitas waktu misalnya untuk kuliah dan bekerja.

Pihaknya berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Selain itu kami punya program, bagi anak yang cerdas, miskin, yang memenuhi kriteria kai kasih beasiswa. Bagi anak yatim kami kasih beasiswa. Kami akan kerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan,” kata mantan Bupati Sragen ini seusai acara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif