Lifestyle
Sabtu, 11 Mei 2024 - 11:08 WIB

3 Langkah Sederhana Mendapatkan Kulit Bersinar Menurut Panduan Ahli

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai tabir surya. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Terdapat beberapa langkah yang umum disebutkan untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Meski begitu, bagi orang yang baru menggunakan perawatan kulit atau bahkan tak pernah menggunakan perawatan untuk kulit maka ini akan membingungkan untuk diingat. Simak ulasannya di tips kesehatan kulit kali ini.

Namun tak perlu khawatir, para ahli menyederhanakan langkah langkah menjadi hanya 3 langkah simpel untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mendapatkan kulit bersinar.

Advertisement

Mengikuti 3 langkah perawatan untuk kulit dapat membuat kulit benar-benar bersinar. Dikutip dari shape.com Jumat (10/5/2024), Madeleine Gantz, M.D., seorang dermatolog bersertifikat di Westlake Dermatology di Austin, TX, dan Magdaline Granados, seorang ahli estetika klinis di SkinSpirit di Roseville, CA, dijelaskan 3 langkah sederhana untuk kulit bersinar yaitu:

1. Cleansing dan eksfoliasi

Membersihkan wajah dengan benar adalah dasar dari setiap serangkaian perawatan kulit, dimana seseorang tidak ingin memulai penggunaan produk di atas permukaan yang kotor atau berminyak yang masih ada di kulit dari aktivitas harian mereka.

“Ada banyak kotoran yang akhirnya menempel di wajah kita dari hari itu, dan air saja tidak mungkin menghilangkan minyak, kotoran, keringat, polusi, makeup, tabir surya, dll. Cleansing sangat penting. Jika Anda menggunakan makeup, itu akan terperangkap di kulit, dan dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang mempercepat penuaan wajah. Jangan pernah tidur tanpa membersihkan kulit,” kata Granados.

Advertisement

Selain membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, pembersihan memiliki beberapa manfaat penting lainnya, menurut para ahli.  “Dengan menjaga kulit Anda bebas dari kotoran, itu menjaga pori-pori Anda tetap tidak tersumbat, meminimalkan jerawat, komedo, dan pori-pori yang membesar, dan menjaga kulit lebih jernih dan halus,” katanya.

2. Mengembalikan kulit rusak

Langkah berikutnya untuk mendapatkan kulit bersinar yaitu mengembalikan kulit yang rusak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kulit mengalami banyak stres setiap hari dari lingkungan, dari kebiasaan gaya hidup, dari apa yang mereka makan, dan dari seberapa banyak stres yang dialami juga.

Dengan begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan potensial pada kesehatan dan penampilan kulit. Sangat penting untuk memasukkan satu atau dua produk untuk membantu membalikkan sebagian dari kerusakan itu dan menjaga kulit dalam kondisi prima. Beberapa produk tersebut seperti yang mengandung antioksidan dan dipakai di pagi hari, dan retinoid di malam hari.

Advertisement

3. Tabir surya

Banyak orang mungkin sudah tahu ini, tetapi mengoleskan tabir surya di pagi hari sebagai langkah terakhir dari rutinitas perawatan kulit adalah suatu keharusan.  “Tabir surya adalah komponen paling penting dari rangkaian perawatan kulit Anda,” kata Dr. Gantz.

“Ini melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan. Sinar UV memecah kolagen dan elastin dalam kulit Anda, yang menyebabkan keriput dan kendur,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif