Soloraya
Selasa, 30 April 2024 - 18:22 WIB

Ditanya Peluang PKS Gabung Koalisi Pemerintah, Ini Jawaban Gibran

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat diwawancara wartawan usai rapat paripurna DPRD Solo, Selasa (30/4/2024) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tersenyum saat ditanya peluang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergabung dengan koalisi pemerintah 2024-2029.

Dia tidak mengiyakan maupun menafikkan kemungkinan PKS bergabung dengan koalisi pemerintahannya bersama presiden terpilih Prabowo Subianto. Tapi senyuman Gibran menarik untuk dicermati. Sebab dia terkesan sudah tahu apakah PKS akan bergabung dengan koalisi pemerintah atau tidak.

Advertisement

Hal itu setidaknya terlihat saat Gibran diwawancara wartawan usai menghadiri rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD Solo terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota tahun 2023, Selasa (30/4/2024).

“Itu [PKS bergabung koalisi pemerintah atau tidak] nanti yang menjawab Pak Presiden terpilih saja,” ungkap dia sembari tersenyum.

Sedangkan ditanya soal penolakan Partai Gelora terhadap PKS untuk bergabung ke koalisi pemerintah, Gibran tak berkomentar. Dia justru menyarankan awak media agar meminta penjelasan kepada Partai Gelora. “Ya tanyakan ke Partai Gelora,” kata dia.

Advertisement

Kabar akan bergabungnya PKS ke koalisi pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka belakangan menyeruak kencang.

Bahkan wacana itu telah dengan tegas ditolak oleh Partai Gelora, yang menyatakan keberatan. Pertimbangan partai itu karena PKS berada dalam posisi berbeda di Pemilu 2024. PKS mengusung pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Bahkan Partai Gelora melihat PKS cukup santer menyerang pasangan Prabowo-Gibran selama kontestasi berlangsung.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif