Foto
Selasa, 7 Mei 2024 - 21:13 WIB

Mabes Polri Ungkap Sindikat Penipuan Libatkan 2 WNA Nigeria

Redaksi Solopos.com  /  Burhan Aris Nugraha  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi menata tumpukan uang barang bukti dalam konferensi pers pengungkapan kasus penipuan internasional di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/5/2024). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA — Polisi menunjukkan barang bukti uang dan sejumlah tersangka dalam konferensi pers pengungkapan sindikat penipuan internasional di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri menangkap lima orang yang terdiri dari tiga WNI dan dua WNA asal Nigeria yang jadi pelaku tindak pidana siber, dengan modus penipuan skema business email compromise (BEC) dengan korban perusahaan asal Singapura, kerugian Rp32 miliar.

Advertisement

Dari penyidikan dilakukan ditangkap lima orang pelaku, dua di antaranya merupakan warga negara Nigeria berinisial CO atau O, dan EJA. Keduanya mempunyai peran sama-sama mengupah warga negara Indonesia untuk mendirikan perusahaan dan melakukan penipuan BEC.

Sementara itu, tiga pelaku berstatus warga negara Indonesia, masing-masing berinisial DM alias L,38, YC, 37, dan I, 49. Salah satu tersangka berinisial DM merupakan residivis yang sudah dua kali melakukan kejahatan hampir serupa di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko (tengah), Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol. Himawan Bayu Aji (kanan) dan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Erdi A. Chaniago (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait pengungkapan sindikat penipuan internasional di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/5/2024). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Advertisement

 

Lima tersangka dihadirkan dalam konferensi pers oleh Bareskrim saat pengungkapan kasus penipuan internasional di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/5/2024). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif