News
Rabu, 22 Agustus 2012 - 09:37 WIB

Mantan Menkes, Suwardjono Surjaningrat Tutup Usia

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suwardjono Surjaningrat (id.wikipedia.org)

Suwardjono Surjaningrat (id.wikipedia.org)

JAKARTA- Menteri Kesehatan RI periode 1978-1983 dan 1983-1988, Suwardjono Surjaningrat, tutup usia. Suwardjono meninggal dalam usia 89 tahun.

Advertisement

Berita duka cita ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Tjandra Yoga Aditama.

“Hari ini (21/8) telah wafat dr. Suwardjono Surjaningrat, Menteri Kesehatan RI tahun 1978-1983 dan 1983-1988,” kata Tjandra dalam keterangannya yang diterima detikcom, Selasa (21/8/2012) malam.

Tjandra Yoga memiliki kesan tersendiri terhadap almarhum. Salah satunya adalah pesan almarhum saat memberikan penghargaan kepada Tjandra sebagai Dokter Puskesmas Teladan tahun 1982.

Advertisement

“Saya masih ingat ucapan beliau ketika itu yang isinya antara lain ‘saya berikan fulpen ini dengan harapan agar saudara-saudara menggunakannya sebagai alat menulis untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan, kalau bisa menjadi Doktor’,” tutur Tjandra.

Kesan lain adalah saat Tjandra memiliki kesempatan bertugas bersama almarhum sebagai dokter di sebuah RS Swasta di Jakarta. Saat itu, Tjandra menuturkan, almarhum sudah tidak menjabat Menteri Kesehatan.

“Hal ini amat saya kagumi karena beliau masih mau berpraktik walaupun sebagai mantan Menteri Kesehatan,” ujarnya.

Advertisement

Suwardjono Surjaningrat adalah Menteri Kesehatan dua periode 1978-1988. Pria kelahiran Purwodadi, 3 Mei 1923 ini juga pernah menjabat Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif