Info-mudik
Jumat, 10 Agustus 2012 - 17:29 WIB

JALUR MUDIK: Gubernur Tak Setuju Jalan Tol Dibuka Untuk Pemudik Motor

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana uji coba jalan tol Semarang-Ungaran beberapa waktu lalu. Jalan tol ini sekrang sudah siap melayani para pemudik. (JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto)

Suasana uji coba jalan tol Semarang-Ungaran beberapa waktu lalu. Jalan tol ini sekrang sudah siap melayani para pemudik. (JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto)

SEMARANG – Gubernur Jateng, Bibit Waluyo menolak rencana PT Trans Marga Jateng (TMJ) membolehkan sepeda motor pemudik lewat jalan tol Semarang-Ungaran. “Itu [sepeda motor lewat tol] jelas tak dibenarkan lewat jalan tol,” tegasnya, Jumat (10/8/2012).
Advertisement

Bibit menanggapi Direktur Teknik dan Operasi PT TMJ, Ari Nugroho, yang menyatakan jalan tol Semarang-Ungaran dimungkinkan bisa digunakan pemudik sepeda motor. Kalau sepeda motor dibolehkan lewat jalan tol, lanjut Bibit, nanti semua kendaraan, termasuk gerobak juga boleh lewat jalan tol Semarang-Ungaran. Untuk itu, ujar gubernur, TMJ selaku pengelola jalan tol Semarang-Solo, termasuk Semarang-Ungaran agar tak membuat kebijakan yang salah. ”Kebijakan TMJ memboleh sepeda motor lewat jaln tol tak benar. TMJ itu bukan pemerintah, saya tak setuju,” tegas Gubernur.

Sebelumnya Direktur Teknik dan Operasi PT TMJ, Ari Nugroho, menyatakan jalan tol Semarang-Ungaran dimungkinkan bisa digunakan jalur mudik bagi pemudik Lebaran 2012 yang mengendarai sepeda motor. Langkah ini dilakukan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas di jalan utama Semarang-Solo-Jogja di wilayah Ungaran pada arus mudik dan balik Lebaran. Pasalnya jumlah pemudik ke wilayah Jateng yang menggunakan sepeda motor diperkirakan mencapai 1,29 juta orang. ”Jalan tol memungkinkan untuk jalur mudik kendaraan bermotor roda dua,” ujar Ari.

Hanya saja, harus mengajukan usulan ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJL) selaku pihak yang berwenang dalam membuka dan menutup jalan tol. ”Kami akan mengajukan usulan ke Kementerian PU dan BPJL),” ujarnya.

Advertisement

Infrastruktur Siap
Sementara terkait persiapan Lebaran, Bibit Waluyo menyatakan infrastuktur jalan maupun sarana pendukung sudah siap menyambut pemudik. Kondisi jalan utama dan jalan alternatif mulai dari Brebes, sampai Wonogiri semua dalam keadaan baik, bisa dilalui pemudik.

”Secara keseluruhan kondisi infrastruktur jalan semuanya telah siap dilalui kendaraan,” ungkap Gubernur. Demikian pula dengan sarana penunjang lain, misalnya rumah sakit dan puskesmas di seluruh Jawa Tengah sebanyak 1.140 buah juga siap memberikan pelayanan 24 jam. Gubernur berpesan supaya para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu tergesa-gesa, karena berpotensi kecelakaan lalu lintas. ”Masyarakat yang akan mudik tak perlu tergesa-gesa, bila lelah beristirahat, serta tertib di jalan,” imbaunya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif