Sport
Sabtu, 29 Desember 2012 - 23:15 WIB

PSSI Siapkan Alternatif, Panggil Pemain Baru Jelang PPA

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. facebook.com

JAKARTA – PSSI menyiapkan langkah alternatif guna menghadapi kualifikasi Piala Asia 2015. Badan sepak bola Tanah Air ini berniat memanggil para pemain baru, baik dari dalam maupun luar negeri guna mengantisipasi kemungkinan tak bisa hadirnya para pemain dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) pada Pelatnas pra-Piala Asia (PPA) 2015.

Advertisement

Koordinator Timnas PSSI, Bob Hippy, mengatakan rencana pemanggilan pemain baru dilakukan supaya persiapan terjalin lebih maksimal. “Kami akan tunggu mereka [pemain ISL] hingga 6 Januari. Mudah-mudahan mereka mau gabung. Namun, kami telah menyiapkan antisipasi seandainya mereka tak hadir,” tutur Bob dilansir Antara, Sabtu (29/12/2012).

Sebelumnya, PSSI melalui jajaran pelatih timnas dibawah penanganan Nil Maizar telah merilis 43 nama yang masuk daftar pelatnas. Ke-43 nama itu merupakan gabungan pemain ISL dan IPL.

Direncanakan para pemain ini akan melakoni pemusatan latihan di Medan, awal Januari mendatang. Dari deretan pemain yang dipanggil itu, nama pemain naturalisasi Raphael Maitimo yang kini merumput di Belanda juga tercantum.

Advertisement

“Kami juga terus melakukan komunikasi dengan pemain yang bermain di luar negeri. Begitu juga dengan pemain naturalisasi,” imbuh Bob.

Selain Maitimo, Bob juga mengaku ada muka baru dari skuat naturalisasi. Salah satu pemain naturalisasi yang belum pernah bergabung dengan timnas, yakni Stefano Lilipaly, kabarnya siap bergabung di skuat PPA 2015.

Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu saat ini memperkuat klub Divisi II Belanda, Almere City. Sebelumnya pemain berusia 22 tahun ini memperkuat FC Utrecht Belanda.

Advertisement

“Surat pemanggilan sudah dikirim. Kita tinggal tunggu kedatangannya. Untuk masalah daftar pemain sebelumnya masih bisa diubah,” kata Bob

Sesuai dengan jadwal, tahapan pelatnas dimulai di Jakarta pada 4 Januari 2013. Selanjutnya semua pemain yang hadir akan menjalani tes kesehatan dan tes fisik. Setelah tahapan pertama usai, semua pemain menjalani pelatnas di Medan hingga menjelang pertandingan resmi.

Indonesia pada PPA 2015 tergabung dalam grup berat. Indonesia berada di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan China. Untuk pertandingan perdana adalah tandang ke kandang Irak, 6 Februari 2013 mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif