Jogja
Jumat, 28 Desember 2012 - 14:52 WIB

Akhir Tahun, Enam Bank Butuh Rp530 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wordpress.com)

Ilustrasi (wordpress.com)

JOGJA—Akhir tahun berdampak pada kebutuhan dana perbankan semakin meningkat. Bank Indonesia Jogja menerima pengajuan dana dari enam Bank senilai Rp530 miliar untuk memenuhi kebutuhan finansialnya.

Advertisement

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Causa Iman Karana mengatakan dana setengah triliun tersebut digunakan untuk kebutuhan persiapan akhir tahun. Tiga terbesar yang mengajukan adalah Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BPD. “Mandiri, BNI, BPD DIY itu yang meminta mayoritas. Dibandingkan tahun lalu nilainya dua kali lipat,” katanya saat ditemui di DPRD DIY, Jumat (28/12/2012).

Peningkatan permintaan tersebut terkait dengan tren ekonomi DIY yang semakin membaik. Dana dana itu biasanya digunakan untuk bayaran proyek akhir karena Pemda memakai tiga Bank tersebut untuk pembayaran.

Penggunaan lainnya untuk stok uang Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Pasalnya liburan akhir tahun BI meminta semua ATM tidak boleh kosong, harus isi semua. “Biasanya digunakan seperti itu, mereka minta sesuai kebutuhan yang diperlukan masyarakat,” katanya.

Advertisement

Peningkatan permintaan ini juga mengindikasikan peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat. Artinya proyek semakin bagus dan pelaksanaannya sehingga pembayaran tepat waktu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif