Soloraya
Kamis, 27 Desember 2012 - 23:59 WIB

PENERIMA JAMKESMAS: Dinkes Klaten Tegaskan Telah Kirim Validasi Data

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - dr Ronny Roekmito (Dok/JIBI/SOLOPOS)

dr Ronny Roekmito (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Terkait warga meningal dunia  tercatat sebagai penerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dari pemerintah pusat, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito, tegaskan pihaknya sebenarnya sudah mengirimkan hasil validasi data penerima jamkesmas setiap tiga bulan sekali kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Advertisement

Akan tetapi, Kemenkes tetap menggunakan database 2008 untuk menentukan jumlah penerima jamkesmas.

“Saya sudah sering mengirimkan surat ke Kemenkes. Dalam setiap pertemuan, saya juga menyampaikan agar penentuan penerima jamkesmas menggunakan data terbaru. Namun Kemenkes tidak pernah mau menerima masukan dari pemerintah daerah,” ungkap Ronny.

Ronny menjelaskan jumlah warga penerima jamkesmas yang diusulkan pada 2013 mencapai 494.905 jiwa. Sementara jumlah warga penerima jamkesmas sesuai database 2008 mencapai 396.488 jiwa.

Advertisement

Dia mengakui data penerima jamkesmas tersebut sudah kedaluwarsa. Tak heran banyak warga meninggal dunia yang masih tercatat sebagai penerima jamkesmas. Dia mengaku kerap mendapat protes dari kalangan kades yang tidak terima lantaran program jamkesmas salah sasaran.

“Kami sudah kenyang dengan protes warga. Namun kewenangan menentukan penerima jamkesmas adalah pemerintah pusat,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif