Soloraya
Rabu, 26 Desember 2012 - 03:00 WIB

Wonogiri Juarai Parade Lagu Daerah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI—Gabungan seniman Wonogiri sukses menjuarai lomba parade lagu nusantara tingkat nasional, Gita Permata Nusantara 2012, yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (23/12/2012).

Wonogiri yang mewakili Provinsi Jawa Tengah tampil dengan kreasi lagu Edi Peni yang melibatkan 25 personel. Ketua tim lomba, yang juga Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Senthot Sujarwoko, kepada Solopos.com, Selasa (25/12/2012), menjelaskan tim lomba yang terdiri atas 15 orang musisi dan 10 orang penari itu sukses menjadi juara umum sekaligus menyabet penghargaan lain.

Advertisement

Di antaranya sebagai lima besar pencipta lagu terbaik, lima besar penata iringan terbaik, lima besar penari terbaik dan 10 besar penyaji terbaik. Senthot menambahkan proses kreatif karya Edi Peni membutuhkan waktu sebulan.

Menurutnya, karya ini unik lantaran menggabungkan semua potensi di Jawa Tengah. Sebagai gambaran, saat menyajikan karya, penari membawa gunungan, jaran dor, dan mengenakan jarik. Dalam hal musik, karya ini juga memasukkan unsur gamelan Jawa, keroncong, tayub khas Sragen, calung Banyumasan, sampai musik elektrik.

Salah satu kelompok seniman yang terlibat dalam tim ini adalah Group Campusari Himalaya asal Baturetno. Sedangkan unsur musik daerah diramu Jumari dan komposisi koreografi karya Ludiro bersama Sanggar Tari Dharma Budaya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif