Lifestyle
Rabu, 26 Desember 2012 - 00:30 WIB

PROSTITUSI PELAJAR DI WONOGIRI: Wow! Setahun Sampai Ratusan Kasus!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Satpol PP seusai razia operasi penyakit masyarakat, (Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS)

Satpol PP seusai razia operasi penyakit masyarakat, (Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI–Perilaku seks di kalangan pelajar di Wonogiri bagaikan gunung es. Banyak kasus mulai seks bebas hingga pencabulan dan pemerkosaan.

Advertisement

“Saya tak bisa menyebutkan berapa jumlahnya. Namun, yang jelas mencapai ratusan [kasus] dalam setahun,” kata pegiat LSM Masyarakat Wonogiri Peduli Perempuan dan Anak (MWPPA), Siti Muslimah, pekan lalu.

Hasil pendataan Muslimah, 80% kasus-kasus pencabulan, pemerkosaan serta kekerasan seks lainnya di kalangan pelajar berakhir dengan mediasi. Sementara, yang berlanjut ke proses hukum tak sampai 5%. Sisanya, sebagian melalui pernikahan paksa dan sebagian pelaku kabur.

“Tahun ini, yang berlanjut ke proses hukum hanya 24 kasus. Adapun yang berujung damai, kabur hingga tak diketahui saya kira mencapai ratusan [kasus],” katanya seraya menyebutkan kasus asusila merata pada anak SMP hingga SMA dan sederajat.

Advertisement

“Bahkan, [kasus pada] anak-anak SD juga ditemukan,” tambahnya.

Perkiraan Muslimah ini cukup masuk akal. Simak saja data yang dilansir oleh Pengadilan Agama (PA) Wonogiri. Pada 2010, sedikitnya ada 55 permohonan dispensasi kawin. Sedangkan di 2011 meningkat menjadi 76 permohonan.

Awal 2012 hingga November, jumlahnya mencapai 72 permohonan. Tentu saja, jumlah itu hanya segelintir dari jumlah kasus pergaulan bebas para pelajar yang berujung pada pernikahan.

Advertisement

Dispensasi kawin ialah sebuah upaya yang diajukan oleh calon mempelai laki-laki yang berumur di bawah 19 tahun atau perempuan yang di bawah 16 tahun agar pernikahannya diizinkan. Mayoritas alasan permohonan dispensasi kawin ialah karena yang bersangkutan telah hamil.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif