2013, Citilink Buka Penerbangan Solo-Balikpapan

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Googleimage)Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Googleimage)

SOLO – Maskapai penerbangan Citilink siap membuka rute penerbangan domestik baru Solo-Balikpapan dan Jogja-Balikpapan. Penerbangan itu rencananya akan dibuka pada Minggu (20/1/2013) mendatang.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan ada 31 rute baru domestik yang akan dibuka pada 2013. Dua rute baru di antaranya yaitu Solo-Balikpapan (PP) dan Jogja-Balikpapan (PP) itu rencananya akan dibuka bersamaan pada 20 Januari 2013.

“Kami melihat potensi yang besar untuk angkutan pesawat low cost carrier di kota tersebut,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (26/12/2012).

Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan Citilink, pangsa pasar di kedua rute tersebut cukup prospektif. Selain itu, Citilink juga menemukan fakta bahwa beberapa perusahaan minyak di Kalimantan juga memiliki anak cabang di Jogja. Temuan itu membuat pihak perusahaan ingin membidik segmen calon penumpang yang berasal dari kalangan pebisnis.

“Kami akan membidik pekerja dari perusahaan pertambangan batubara, minyak dan pasir. Selain itu juga wisatawan dari kalangan non bisnis,” jelasnya.

Rencana pembukaan dua rute baru itu, lanjutnya, merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis penerbangan anak perusahaan Garuda Indonesia it. Selain penerbangan ke Kalimantan, delapan unit penerbangan yang akan dibuka adalah penerbangan ke Sumatra.

Penerbangan ke Sumatra itu akan didukung pesawat bertenaga pendorong baling-baling. Sisanya sebanyak 20 jalur penerbangan domestik juga akan dibuka dengan menggunakan pesawat jenis Airbus seri 320. Armada tersebut merupakan unit terbaru yang dimiliki Citilink. Nantinya, rute Solo-Balikpapan PP itu, juga akan menggunakan pesawat jenis Airbus 320 berkapasitas maksimal 180 kursi.

Armada pesawat bertenaga pendorong baling-baling. Sisanya sebanyak 20 jalur penerbangan akan dibuka di wilayah lainnya di tanah air, dengan menggunakan pesawat jenis Airbus seri 320.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta, Abdullah Usman, mengatakan Citilink baru akan melakukan penjajakan pada Jumat (8/1/2012) mendatang. Namun, Usman juga mengakui bahwa load factor maskapai yang selama ini terbang di rute Kalimantan rata-rata 80%. Selama ini maskapai yang sudah melakukan penerbangan rute Kalimantan adalah Trigana Air dan Indonesia Air Transport (IAT).

Mereka terbang untuk rute Solo-Pangkalan Bun, Solo-Berau, Solo-Ketapang dan Solo-Pontianak. Kehadiran penerbangan Citilink ini diharapkan dapat meningkatkan traffic maupun load factor di Bandara Adi Soemarmo.

“Rencananya pada 8 Januari nanti kami dan jajaran direksi Citilink akan membahas pengajuan slote time serta meninjau kesiapan teknis di lapangan seperti operasional kantor baru di Kota Solo,” terang Abdullah.

Editor: | dalam: Ekonomi |

Bisnis Indonesia

Fatal error: Call to undefined method WP_Error::get_item_quantity() in /home/dotcom/www/solopos/elements/themes/terbaru/widget-bisnis.php on line 8