Perlu Perda Wajib Madrasah Diniah

Kepala Seksi Penamas dan PK Pontren Kemenag Solo, Maulud Munif, memperlihatkan beberapa buku berisi kurikulum, standar kompetensi dan standar kelulusan madrasah diniah, Senin (17/12), di ruang Seksi Penamas dan PK Pontren Kemenag Solo. (FOTO/Istimewa)Kepala Seksi Penamas dan PK Pontren Kemenag Solo, Maulud Munif, memperlihatkan beberapa buku berisi kurikulum, standar kompetensi dan standar kelulusan madrasah diniah, Senin (17/12), di ruang Seksi Penamas dan PK Pontren Kemenag Solo. (FOTO/Istimewa)

Tak bisa dimungkiri pendidikan agama merupakan salah satu sarana membangun karakter generasi bangsa. Jika keimanan yang sempurna ada dalam diri setiap individu, orang tersebut akan menjadi manusia yang baik perilakunya.

Hal itulah yang melatarbelakangi keinginan Ketua Forum Komunikasi Diniah Takmiliyah (FKDT) Cabang Solo, Yuniarto Harjanto, agar di Kota Solo ada peraturan daerah (perda) wajib madrasah diniah sebagaimana diterapkan di beberapa daerah di Jawa Barat. Jika ada perda itu, diharapkan pembentukan karakter anak-anak akan lebih kuat.

”Di sekolah-sekolah umum materi pendidikan agama Islam hanya diajarkan dua jam pelajaran/pekan. Itu sangat kurang untuk belajar agama,” kata dia saat ditemui Espos di Madrasah Diniah Paisma, Kusumodilagan, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (18/12).

Namun, ia menyadari sebelum perda itu dirumuskan harus ada kesiapan pengelola madrasah diniah di Kota Solo. Saat ini, ada satu kecamatan di Kota Solo yang belum memiliki madrasah diniah, yaitu Kecamatan Serengan. Jika perda itu hendak diwujudkan, jumlah madrasah diniah harus mampu menampung siswa di Solo.

Menanggapi hal itu, pakar sejarah pendidikan Islam dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Muhammad Munadi, berpendapat keberadaan perda madrasah diniah di Kota Solo belum memungkinkan. Kondisi sosial masyarakat belum mendukung.

Ketika ditemui Espos secara terpisah, Kepala Seksi Penamas dan PK Pontren Kemenag Solo, Maulud Munif, mengatakan ada rencana pemerintah untuk memformalkan pendidikan madrasah diniah yang selama ini masuk kategori pendidikan nonformal.

Jika menjadi pendidikan formal, madrasah diniah tidak hanya menyelenggarakan pembelajaran pendidikan Islam tapi juga materi pelajaran umum.

Berdasarkan buku panduan pengembangan kurikulum yang diterbitkan Direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, prinsip pengembangan kurikulum berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan santri dan lingkungannya, beragam dan terpadu, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, relevan dengan kebutuhan pendidikan, menyeluruh dan berkesinambungan, belajar sepanjang hayat, seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

”Dalam praktiknya, setiap madrasah diniah biasanya memiliki kurikulum sendiri tapi tetap mengacu pada standar kurikulum yang ditentukan,” ujar Maulud.

Yuniarto menjelaskan setelah reformasi 1998 pemerintah lebih berpihak pada pendidikan madrasah diniah. Keberpihakan ini kian jelas setelah muncul Peraturan Pemerintah No 55/2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Sebelumnya, madrasah diniah seolah tak tersentuh pemerintah, kini lebih diperhatikan. Kemenag cukup sering mengadakan kegiatan pendidikan dan latihan bagi pengelola dan pengajar madrasah diniah. Pelatihan bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pemerintah juga menunjuk beberapa madrasah diniah sebagai proyek percontohan model madrasah diniah formal. Pendidikan diniah formal bisa diselenggarakan jika madrasah diniah itu memenuhi delapan standar pendidikan nasional yang ditetapkan Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) dan satu standar pendidikan kepondokan.

Delapan standar itu yaitu kompetensi lulusan, isi, standar proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan, penilaian pendidikan. ”Jika diformalkan, santri madrasah diniah harus mondok,” kata Maulud.

Editor: | dalam: Khazanah |
Iklan Cespleng
  • Dijual All new xenia X

    Dijual All new xenia X plus tahun 2012, warna hitam, kondisi istimewa banget, ac double ki…

  • Rumah karangasem

    Rumah karangasem, Kdpiro.92m Full, Strategis, harga Rp350.000.000. Hubungi:081329275999 TP…

  • BARANG ISTIMEWA Colt

    BARANG ISTIMEWA Colt Diesel 120 PS 2003.Hubungi:09233+69269…

  • Dijual Terios TX

    Dijual Terios TX tahun 2007, tangan pertama, sangat istimewa, terawat harga Rp124.000.000.

  • Dijual Terios TX

    Dijual Terios TX tahun 2012, warna gress kayak baru, warna hitam dijamin gak kecewa, harga…

  • Dijual ESPAS PICK Up

    Dijual ESPAS PICK Up tahun 2001, kondisi Istimewa, Siap Kerja Sehat, harga Rp35.000.000 Bi…

  • DIBUTUHKAN MARKETING Funding

    DIBUTUHKAN MARKETING Funding. Minimal S1, Kirim Ke Bank OCBC NISP Jl.Raya Palur 8B Up.Bp.S…

  • Cari SOPIR SimB1

    Cari SOPIR SimB1 Tau Wilayah Sukoharjo&Sekitar Untuk Distributor. Hubungi:08783693196…

  • Cari BBRP KAPSTER/TRAPYS

    Cari BBRP KAPSTER/TRAPYS Salon & SPA Khusus Wanita, usi maksimal 30Tahun. Hubungi:085…

  • Jual ISUZU ELF

    Jual ISUZU ELF tahun 1997 engkel, Box Almunium, harga Rp79.000.000/Nego. Hubungi:0271-7913…

  • Dijual JUAL HONDA Jazz

    Dijual JUAL HONDA Jazz tahun 2006, IDSI, warna Hitam, Manual, kondisi Istimewa, plat Asli…

  • Dijual PANTHER NEW Higrade

    Dijual PANTHER NEW Higrade tahun 1997/1998 Ijo Tosca Istimewa Banget Gak Kecewa. Harga Rp7…

  • Jual PEUGEOT 307

    Jual PEUGEOT 307 Sporty tahun:2002, plat AD-A, warna Silver, harga Rp85.000.000/Nego. Hubu…

  • Dijual Innova G

    Dijual Innova G, tahun 2006, warna hitam, kondisi istimewa, fulllvariasi, gak kecewa, harg…

  • Dijual TERIOS TX Adventur

    Dijual TERIOS TX Adventur tahun 2007, Matic transmisi, Mewah Banget Audio TV, Istimewa sep…

  • Dibutuhkan ADMIN WANITA

    Dibutuhkan ADMIN WANITA untuk rumah Makan. Hubungi:Asap Asap Jl.natuna 4 Kestalan Belakang…

  • DIJUAL TANAH Luas 200M

    DIJUAL TANAH Luas 200M, Strategis, Daerah Manang. Hubungi:0812.2644.813…

  • JUAL MOTOR Roda 3

    JUAL MOTOR Roda 3 Dayang 150cc Rp19.000.000, Jl. Kol.Sutarto 100. Hubungi:648764…

  • Dijual GRAND

    Dijual GRAND tahun 1990, plat AD-Slo, Atas nama Sendri, Pajak Panjang, Merah Metalic, FulA…

  • Dijual Xenia LiFmily

    Dijual Xenia LiFmily, tahun 2011, warna silver, kondisi istimewa, harga Rp103.000.000 kred…

Menarik Juga »