News
Jumat, 21 Desember 2012 - 18:17 WIB

Masa Jabatan Diperpanjang, Rektor UMS Targetkan Akreditasi A

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Masa jabatan rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Bambang Setiaji, yang berakhir tahun ini akan diperpanjang oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, meskipun Bambang telah menjabat sebagai rektor UMS selama dua periode.

Hingga saat ini Bambang masih menunggu surat keputusan (SK) dari PP Muhammadiyah mengenai perpanjangan masa jabatan itu. Pihaknya juga mengaku tidak mengetahui secara detail mengenai alasan perpanjangan jabatannya itu.
“Masa jabatan saya diperpanjang dari PP, alasannya mungkin karena prestasi yang saya raih selama menjabat di UMS,” jelasnya saat ditemui wartawan, Kamis (20/12/2012).

Advertisement

Dengan perpanjangan masa jabatan itu, dia juga berharap agar UMS bisa meraih akreditasi dengan poin penilaian maksimal dan mendapatkan predikat A pada 2013. Pasalnya masa berlaku UMS yang mencapai penilaian B itu juga akan berakhir tahun ini.

Proses pembaruan akreditasi UMS itu hingga saat ini sedang berlangsung dan telah melalui proses visitasi yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional PT (BAN PT) Rabu-Jumat (19-21/12/2012) di kampus setempat. Untuk mempersiapkan proses akreditasi itu pihak UMS telah membentuk tim khusus.

Bambang menjelaskan tim khusus itu bergerak dalam sistem penerimaan mahasiswa, pengelolaan keuangan, pengembangan sumber daya manusia (SDM), data prestasi kelulusan hingga data serapan alumni. Semua bidang tersebut merupakan komponen-komponen penilaian akreditasi. Karena semuanya telah dipersiapkan dengan baik, Bambang yakin UMS akan medapatkan nilai maksimal.

Advertisement

“Kalau saya menilai, untuk ukuran PTS [perguruan tinggi swasta], UMS sudah layak mendapatkan nilai A,” jelasnya.

Bambang menilai saat ini masih banyak universitas yang mempersiapkan komponen-komponen penilaian palsu yang disiapkan secara instan ketika akan menghadapi penilaian akreditasi. Tapi dirinya mengklaim jika UMS tidak melakukan hal-hal instan itu, karena semuanya memang sudah berjalan semestinya.

Lebih lanjut dijelaskan jika UMS berhasil mendapatkan predikat akreditasi A, maka ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh universitas, salah satunya adalah universitas bisa memberikan akreditasi pada program studi yang ada secara internal. Hal itu tentu akan memudahkan proses akreditasi seluruh prodi yang ada di UMS.

Advertisement

“Dengan kewenangan memberikan akreditasi internal, universitas akan dimudahkan. Tapi hal itu juga jangan sampai membuat proses akreditasi menjadi asal-asalan,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif