JELANG NATAL
Harga Bumbu Dapur di Klaten Melonjak

KLATEN – Harga sejumlah bumbu dapur di Pasar Delanggu, Klaten melejit naik menyusul kian dekatnya peringatan mendatang. Bumbu dapur yang naik antara lain bawang merah, bawang putih, cabai dan sebagainya.

“Bahkan harga cabai merah besar naik Rp5.000 per kilogram. Kemarin harga cabai merah masih Rp15.000 per kilogram, sekarang sudah Rp20.000 per kilogram. Besok pagi harga menjadi berapa saya juga tidak tahu,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Delanggu, Klaten, Asih, 33, ketika ditemui Solopos.com, Jumat (21/12/2012).

Menurut dia kenaikan juga terjadi pada bumbu-bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kentang dan sebagainya. Dia menjelaskan kenaikan itu biasa terjadi setiap menjelang peringatan hari besar seperti Lebaran, Natal, tahun baru dan sebagainya. Karena itu dia mengaku tak kaget menghadapi gejolak harga tersebut.
Kendati demikian dia mengaku kesulitan menetapkan harga jual sejumlah bumbu dapur tersebut.

Sebab harga jual yang telah ditetapkan belum tentu bisa digunakan untuk kulakan barang yang sama pada hari berikutnya. Karena bisa jadi hari berikutnya harga barang tersebut telah naik sekian kali lipat.

“Ini risiko pedagang. Kadang-kadang saya juga kejlogan harga barang. Contohnya misalnya saya pada hari ini saya kulakan cabai merah Rp18.000 per kilogram dan rencananya saya jual Rp20.000 per kilogram, ternyata besoknya harga malah turun menjadiRp16.000 per kilogram. Dengan demikian saya harus menyesuaikan harga hari itu yang
berarti saya merugi,” ujar dia.

Secara terpisah salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Rakyat Delanggu, Nardi, 65, juga menyatakan menyatakan hal serupa. Dia menjelaskan harga cabai merah besar yang beberapa hari lalu dijual
Rp13.000 per kilogram, sekarang naik menjadi Rp 20.000 per kilogram. Sedangkan cabai rawit merah yang semula dijual Rp12.000 per kilogram, kemarin juga ikut naik menjadi Rp20.000 per kilogram.

“Bawang merah naik dari Rp13.000 per kilogram, saat ini naik menjadi Rp15.000 per kilogram dan bawang putih dari 20.000 per kilogram. Pokoknya hampir semua kebutuhan rumah tangga naik.”

Dia memperkirakan harga barang-barang bumbu dapur tersebut bakal naik lagi jika mendekati hari Natal. Karena, kata dia, tahun lalu hal serupa juga terjadi sehingga pihaknya menjadi hafal.

Editor: | dalam: Klaten |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »