Lifestyle
Rabu, 19 Desember 2012 - 08:04 WIB

Cara Usir Kelelahan di Tengah Hari

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

Beberapa orang seringkali kehilangan energi di siang hari dan hal ini dapat mengganggu kinerjanya di kantor. Untuk mencegah kelelahan, Anda perlu mengubah rutinitas di pagi hari atau gaya hidup agar badan tetap berenergi sepanjang hari.

Advertisement

Kelelahan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya kurang tidur di malam hari atau makan makanan yang mengandung kalori sederhana ketika sarapan. Berikut 5 cara yang perlu Anda perhatikan agar tidak kelelahan di tengah hari, seperti dikutip dari readersdigest, Rabu (19/12/2012):

1. Minyak Atsiri
Agar tubuh tidak mudah lelah ketika bekerja seharian, lakukan cara alami dengan menghirup minyak atsiri. Tetesi tisu atau sapu tangan dengan 2 tetes minyak atsiri atau esensial beraroma pepermint, kemudian tutupkan ke hidung dan bernapaslah dalam-dalam.

Anda juga dapat menambahkan 2 tetes minyak atsiri bersama dengan 4 tetes minyak mawar ke dalam air mandi untuk mandi di pagi hari. Tujuannya agar badan terasa lebih segar serta tidak mudah letih dan capek.

Advertisement

2. Kurangi Asupan Karbohidrat
Jangan memilih makanan tinggi karbohidrat olahan seperti roti putih, spaghetti atau kue sebagai menu sarapan maupun makan siang. Makanan ini membuat gula darah naik turun dengan cepat dan membuat Anda mudah merasa lemah dan lelah.

3. Serat
Makanlah makanan yang tinggi serat dan kaya karbohidrat kompleks, seperti sereal gandum, roti gandum dan sayuran. Makanan ini dapat membuat Anda berenergi dan membantu untuk menstabilkan gula darah.

4. Nutrisi Kalium
Potong kentang yang telah dikupas dan dicuci dan rendamlah dalam air semalam. Di pagi hari, minum jus kentang sebagai tonik alami yang kaya akan kandungan kalium. Tubuh membutuhkan mineral ini untuk transmisi impuls saraf dan membuat gerakan otot, bersama dengan fungsi-fungsi penting lainnya.

Advertisement

Kekurangan kalium seringkali menjadi alasan mengapa seseorang mengalami kelelahan kronis.

5. Gizi Seimbang
Jangan melewatkan sarapan dan beberapa makanan ringan yang sehat sepanjang hari. Cara ini lebih baik untuk mencegah kelelahan daripada makan besar dua atau tiga kali setiap hari. Cobalah untuk membatasi ukuran makanan yang Anda konsumsi sampai 1.200 kalori untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Advertisement
Kata Kunci : Kelelahan Lelah Usir Lelah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif