Selasa, 18 Desember 2012 02:55 WIB Tika Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS Wonogiri Share :

PILKADES WONOGIRI
Hari Ini, Calon Kades Diberi Waktu Kampanye 15 Menit

WONOGIRI — Kampanye calon kepala desa (kades) jelang pemilihan kepala desa (pilkades) tahap III, dihelat setelah pengundian nomor urut dan tanda gambar, Selasa (18/12/2012) ini. Masing-masing calon kades diberi waktu 15 menit untuk menyampaikan visi dan misinya.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, saat ditemui Solopos.com, di Ruang Humas Setda Wonogiri, Senin (17/12/2012), mengatakan sesuai jadwal 194 calon kades akan menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan pemilih di balaidesa masing-masing Selasa. Sebelum kampanye, masing-masing calon kades harus mengambil undian nomor urut.

“Rencananya akan dimulai jam 08.00 WIB, diteruskan kampanye sampai pukul 16.00 WIB,” kata Sriyono.

Menurutnya, tidak seperti debat calon pemilihan kepala daerah (pilkada) lain yang dilengkapi sesi tanya jawab, kampanye pilkades dikemas lebih sederhana. Calon kades hanya diminta memberi visi dan misi selama 15 menit.

Diharapkan, mereka bisa memanfaatkan waktu terbatas itu untuk menyampaikan rencana kerja jika terpilih menjadi kades. Setelah penyampaian visi dan misi, Sriyono menambahkan calon kades boleh melakukan kampanye dengan menempelkan sejumlah tanda gambar dan nomor urut calon kades bersangkutan di seluruh penjuru desa. Sriyono menyadari waktu calon kades memang sempit. Untuk itu, mereka harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin guna menarik simpati pemilih.

Lebih jauh, Sriyono mengingatkan agar calon kades tidak melakukan pengerahan massa secara berlebihan. “Jangan ada konvoi atau semacamnya. Waktu kampanye sebaiknya dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan menempel foto atau tanda gambar atau nomor urut sesuai hasil undian,” imbuh dia.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…