News
Senin, 17 Desember 2012 - 02:59 WIB

Kodam IV Diponegoro Sinyalir Kebangkitan PKI di Jateng-DIY

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG-Kodam IV/Diponegoro mensinyalir ada upaya untuk membangkitkan kembali partai komunis Indonesia (PKI) di wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Hardiono Saroso, di Makodam Watugong, Semarang, Sabtu (15/12/2012), mengatakan akan menindak tegas pihak-pihak yang mencoba membangkitkan PKI. Upaya kebangkitan kembali PKI tersebut, lanjut Pangdam, sudah terlihat dari statemen pihak-pihak tersebut di publik yang mencoba meluruskan sejarah pemberotakan partai komunis.

Advertisement

Menurut dia, sejarah pemberontakan G30S/PKI pada 1965 tak bisa diluruskan, karena memang telah terbukti kebiadabannya. “Bapak saya tentara [TNI] sehingga tahu persis kebiadaban PKI, sehingga kalau muncul lagi di Jateng dan DIY pasti akan saya hancurkan,” ungkapnya.

Pihak inteljen Kodam, sambung Hardiono, masih melakukan pendeteksian kebangkitan PKI di wilayah Jateng dan DIY. Pangdam menambahkan memang belum ada gerakan secara nyata, terbuka ke publik tindakan mengarah ke PKI. ‘Kita masih mengendus indikasi upaya kebangkitan eks PKI, tapi memang belum menjadi potensi gerakan terbuka ke publik,” ujarnya.

Mantan Asisten Operasional (Asops) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini, lebih lanjut menyatakan, pihaknya sudah mempunyai data semua eks anggota PKI di Jateng dan DIY. “Memang ada orang lama dan regenerasi baru, tapi kami mempunyai semua datanya,” imbuh jenderal bintan dua ini.

Advertisement

Kepada masyarakat, Pangdam mengimbau supaya bersikap waspada, serta memegang teguh nilai-nilai Pancasila. “Jangan sampai terpengaruh terhadap ajaran komunis dan PKI,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif