Soloraya
Kamis, 13 Desember 2012 - 20:32 WIB

PEMILU: Bawaslu Ingatkan Vitalnya Netralitas Panwascam

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Panwascam Boyolali mengikuti pembekalan dan bina teknis di Rumah Makan Elang Sari Boyolali, Kamis (13/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/Mahardini Nur Afifah)

Anggota Panwascam Boyolali mengikuti pembekalan dan bina teknis di Rumah Makan Elang Sari Boyolali, Kamis (13/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/Mahardini Nur Afifah)

BOYOLALI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah mengingatkan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Boyolali yang dilantik Sabtu lalu untuk menjaga netralitas pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) mendatang.
Advertisement

“Kunci sebagai seorang Panwas adalah menjaga netralitas tinggi. Independensi harus menjadi budaya. Kalau netralitas tidak dimiliki, bisa menjadi masalah besar karena ada kode etik penyelenggaraan Pemilu,” jelas Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Abhan Misbah, kepada Solopos.com, Kamis (13/12/2012). Tujuan pembekalan dan bina teknis anggota Panwascam Boyolali, menurut Abhan, memberikan dasar pemahaman panwascam untuk melaksanakan tugas sesuai fungsinya. “Tugas panwascam kali ini sangat berat karena harus mengawal pilgub dan pileg. Jadi panwascam harus bekerja sungguh-sungguh, memastikan penyelenggaraan obyektif dan netral. Jangan sampai “masuk angin”,” ujarnya.

Divisi SDM dan Kelembagaan Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, menambahkan usai dilantik dan diberi pembekalan, anggota Panwascam Boyolali akan berkoordinasi dengan Kantor Kecamatan, Koramil, Polsek dan PPK.

Anggota Panwascam Boyolali diberikan materi tahapan penyelenggaraan pilgub dan pileg, peran dan fungsi Panwaslu dalam meningkatkan kualitas pemilu, peran Kepolisian dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pidana pemilu, pengawasan penyelenggaraan pemilu, penanganan sengketa dan penindakan pelanggaran pemilu serta kelembagaan, kesekretariatan dan penganggaran panwascam.

Advertisement

Ketua Panwascam Nogosari, Suprapto, kepada Solopos.com menjelaskan saat ini proses penyelenggaraan pesta demokrasi di daerahnya berjalan aman dan tertib. Namun lelaki yang sudah 13 tahun terjun ke penyelenggaraan pemilu ini, mengeluhkan kesadaran warga dan caleg untuk membereskan alat peraga usai pesta demokrasi berlangsung.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif