News
Kamis, 13 Desember 2012 - 08:04 WIB

IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ilustrasi (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA–Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (13/12/2012), berpotensi melanjutkan penguatan.

Advertisement

Perusahaan pialang Panin Sekuritas memperkirakan IHSG hari ini berada di  Kisaran support-resistance 4.305-4.370.

Sementara itu,  Sinarmas Sekuritas memprediksikan secara teknikal indeks diperkirakan bergerak mixed di kisaran 4.290-4.360.

Berdasarkan olah data yang dilakukan Indra, Analis Bisnis Indonesia Intelligence Unit (BIIU), IHSG kemarin (Rabu 12/12/2012) bergerak fluktuatif pada perdagangan kemarin. Meski pun demikian indeks berhasil menguat pada penutupan perdagangan dengan naik 0,45% ke level 4.337,53.

Advertisement

Penguatan ini tidak terlepas dari sentimen positif dari bursa AS yang telah menguat berturut-turut dalam lima hari terakhir. Penguatan itu sendiri disebabkan tingginya optimisme pelaku pasar akan tercapainya kesepakatan fiscall cliff dan adanya rencana pembelian obligasi oleh Federal Reserve senilai  US$45 miliar.

The Fed diperkirakan akan melakukan pembelian obligasi tersebut hingga US$2,86 triliun sampai kuartal I/2014. Selain faktor di atas, tetap dipertahankannya level BI rate di 5,75% selama 11 bulan berturut-turut juga menjadi salah satu sentimen positif penguat indeks. Keputusan tersebut dilakukan mengingat tingkat inflasi Indonesia tergolong rendah dan stabilnya pertumbuhan domestik.

Prospek untuk dua tahun kedepan juga secara umum menunjukan pertumbuhan perekonomian domestik tetap terjaga. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi kuartal IV/2012 diprediksi akan mencapai 6,2% (qoq) dan 6,3% (yoy).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif