Soloraya
Kamis, 13 Desember 2012 - 14:39 WIB

Diterjang Longsor, Desa Wonodoyo, Cepogo Terancam Terisolasi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tanah longsor di Wonodoyo, Cepogo, Boyolali, Kamis (13/12/2012). (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

Tanah longsor di Wonodoyo, Cepogo, Boyolali, Kamis (13/12/2012). (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI — Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Boyolali, Rabu (12/12/2012), telah menyebabkan tanah longsor di wilayah Kecamatan Cepogo. Dua rumah warga, masing-masing di Dukuh Taring dan Dukuh Wonoganggu, Desa Wonodoyo, diterjang longsoran tanah hingga rusak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta.

Advertisement

Dua rumah warga yang terkena longsor, yaitu milik Cipto Surip, 55, warga Dukuh Taring Rt 07/1 dan rumah Eko Sumanan, 32, warga Dukuh Wonoganggu. Rumah Cipto diterjang longsoran tanah dari talut tebing pekarangan rumah milik tetangganya, Salomo.

Ditemui wartawan di rumahnya, Kamis (13/12/2012), Cipto menuturkan Rabu siang itu dirinya berniat untuk beristirahat di ruang tamu rumahnya. Namun baru saja merebahkan tubuhnya, tiba-tiba Cipto dikejutkan dengan longsoran tanah yang masuk ke rumah.

Mengetahui itu, dia pun lantas pindah tempat ke ruangan lain. Ketika dirinya hendak mengambil pakaian di lemari di ruang tamu, tiba-tiba tembok rumah ambrol terimpa longsoran tanah yang langsung memenuhi ruangan rumahnya tersebut. Sejumlah perabotan rumah, antara lain kursi dan lemari pun ikut rusak terkena longsor.

Advertisement

“Saat itu saya langsung lari keluar rumah bersama keluarga saya,” tuturnya.

Sementara di rumah Eko Sumanan, longsoran tanah menerjang tembok dapur hingga jebol. Untungnya saat itu, pemilik rumah dan keluarganya berada di ruangan lain sehingga tidak ada korban jiwa ataupun lupa akibat peristiwa itu.

Sementara itu, tanah longsor juga terjadi di sejumlah titik di jalan menuju Desa Wonodoyo tersebut. Beberapa ruas jalan di jalur itu pun rusak. Dengan kondisi tersebut, warga Desa Wonodoyo terancam terisolasi. Sebab jalur terdekat melalui Dukuh Kujon Wonodoyo menuju Kantor Kecamatan Cepogo, dipenuhi banyak longsoran. Sehingga warga terpaksa harus memutar melalui Desa Gedangan.

Advertisement

Hal itu juga diakui cukup menyulitkan petugas dari Muspika Cepogo saat menuju lokasi rumah yang tertimpa longsor.

Kapolsek Cepogo, AKP Bambang Rusito, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto, mengatakan pihaknya sudah mengirimkan anggotanya untuk mendatangi lokasi rumah yang tertimpa longsor. Namun petugas cukup kesulitan karena Rabu siang itu, cuaca buruk dan rawan longsor susulan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif