Soloraya
Jumat, 3 Mei 2024 - 17:46 WIB

SMP Warga Solo Kemas Peringatan Hari Kartini dengan Beragam Lomba Menarik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa SMP Warga sedang mengikuti lomba merias atau make up dalam acara peringatan Hari Kartini yang digelar di halaman sekolah, Jumat (26/4/2024) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Sekolah Menengah Pertama (SMP) Warga Solo mengemas peringatan Hari Kartini dengan menggelar beragam lomba menarik di halaman sekolah, Jumat (26/4/2024) pagi.

Disaksikan 190-an siswa dari kelas VII, VIII, dan IX, acara dengan tajuk Kartini Masa Kini: Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif berlangsung seru dan meriah.

Advertisement

Peringatan Hari Kartini di SMP Warga diawali dengan kegiatan apel pagi pada pukul 07.15 WIB dimana semua siswa dan guru memakai batik dan kebaya.

Dalam apel tersebut pembina apel memberikan materi sekalius mengupas sejarah perjuangan R.A. Kartini semasa hidup termasuk makna terkandung dalam setiap perayaannya.

Advertisement

Dalam apel tersebut pembina apel memberikan materi sekalius mengupas sejarah perjuangan R.A. Kartini semasa hidup termasuk makna terkandung dalam setiap perayaannya.

Setelah itu, semua guru dan perwakilan siswa tiap kelas mengikuti parade. Sambil mengenakan pakaian khas Jawa seperti batik dan kebaya, mereka berjalan bak model dengan sambil melambai-lambaikan tangan kepada para siswa yang menyaksikan acara tersebut.

Kemeriahan penonton mulai terasa saat lomba pertama fashion show digelar. Lantaran tiap kelas punya pasangan jagoan masing-masing yang mereka elu-elukan saat jagoannya berjalan di atas karpet berwarna hijau

Advertisement

Lomba kedua berupa merias atau make up yang diikuti perwakilan siswa perempuan tiap kelas juga tidak kalah menarik. Mereka mampu menunjukkan keterampilan merias wajah temannya dengan hasil yang bagus walaupun dengan alat make up yang sederhana.

Membaca puisi yang diikuti perwakilan satu orang tiap kelas menjadi lomba ketiga pada acara tersebut. Membawakan puisi ciptaan sendiri bertemakan R.A Kartini, para peserta tampil memukau lewat permainan mimik, intonasi, hingga gerak tubuh.

Lomba rujak uleg menutup rangkaian lomba peringatan Hari Kartini di SMP Warga. Diikuti siswa perempuan dan laki-laki, mereka berlomba menyajikan makanan rujak dengan tampilan yang estetik dan punya cita rasa yang nikmat.

Advertisement

Kepada Solopos.com, Ketua OSIS SMP Warga, Destania, mengatakan bahwa waktu persiapan untuk menggelar acara tersebut sangat mepat. Namun begitu menurutnya acara berjalan lancar dan mendapatkan sambutan positif baik dari teman-teman maupun para guru.

“Kami merancang event ini cuma 3 hari, soalnya seharusnya pengurus OSIS 2023/2024 sudah lepas jabatan tapi ternyata karena ada kendala waktu jadi periode 2023/2024 masih harus dilanjutkan, dan ada beberapa masukan dari seksi bidang kalau ingin mengadakan event Hari Kartini. Selain itu, kami juga perlu memepertimbangkan kelas 9 yang akan ujian, maka kami memutuskan menggelarnya lebih awal,” kata dia.

Pihaknya selaku panitia juga memberikan hadiah kepada para siswa yang menjadi juara pada lomba-lomba yang mereka ikuti. “Kami menyediakan hadiah berupa makananan ringan untuk para pemenang dan yang menjadi dewan juri adalah bapak dan ibu guru yang tidak menjadi wali kelas,” ungkap dia.

Advertisement

Yaya, sapaan akrabnya, berharap tahu mendatang panitia dalam hal ini OSIS mampu menyiapkan peringatan Hari Kartini dengan lebih matang agar lebih maksimal. “Dan akan lebih bagus bila diisi dengan lomba-lomba yang lebih keren dari tahun ini,” sambung dia.

Sementara itu, Wakil Kepada Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Warga, Bayu Rahmanto, mengaku mendukung penuh acara tersebut. Lantaran menurutnya peringatan Hari Kartini bisa menjadi momentum untuk kembali mengenang jasa-jasa besar R.A Kartini.

“Lewat peringatan Hari Kartini ini bisa jadi wadah untuk Kembali menanamkan pada siswa terkait makna apa yang sebetulnya terkandung dalam peringatan tersebut. Kemudian juga bisa melihat lebih jauh perjuangan sosok Kartini dalam memajukan kaum perempuan dan menentang diskriminasi,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif