Soloraya
Selasa, 11 Desember 2012 - 13:37 WIB

PILKADES KARANGANYAR: 18 Bacakades di Gondangrejo Deklarasi Bersama

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kegiatan deklarasi Bacakades Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (11/12/2012). (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Kegiatan deklarasi Bacakades Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (11/12/2012). (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR — Sebanyak 18 bakal calon kepala desa (Bacakades) di delapan desa di Kecamatan Gondangrejo melakukan deklarasi bersama siap menerima apa pun hasil pemilihan kades (pilkades), Selasa (11/12/2012).

Advertisement

Deklarasi dilakukan di kantor Kecamatan Gondangrejo sekitar pukul 10.00 WIB disaksikan jajaran muspika setempat. Selain deklarasi, para balon kades juga menandatangani kesepakatan bersama yang dituangkan dalam draf tertulis.

Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, melalui Kapolsek Gondangrejo, AKP Poniran, menjelaskan kesepakatan tertulis bersifat mengikat bagi balon kades. Mereka diharapkan memegang teguh kesepakatan bersama hingga pascapemungutan suara pilkades yang akan digelar serentak pada Sabtu (22/12/2012) mendatang.

Beberapa poin kesepakatan bersama seperti, menyatakan akan menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat selama berlangsungnya pesta demokrasi tingkat desa. Selain itu balon kades juga menyatakan siap menerima apa pun hasil pilkades, tidak akan menuntut penyelenggaraan dan hasil pilkades, sanggup mengendalikan kelompok massa pendukung masing-masing.

Advertisement

AKP Poniran mengklaim deklarasi bersama balon kades bukan sekedar formalitas saja, melainkan langkah taktis untuk menjaga iklim kondusif wilayah Gondangrejo selama pilkades. Sebab di sela acara deklarasi bersama para balon kades juga saling bersalaman dan berpelukan sebagai wujud saling menghormati.

“Langkah strategis deklarasi bersama balon kades sudah berhasil kami lakukan, tinggal mengawal pelaksanaannya,” tegas dia.

Informasi yang dihimpun, delapan desa di Gondangrejo yang akan menggelar pilkades bulan ini yaitu Karangturi, Dayu, Jatikuwung, Selokaton, Wonosari, Rejosari, Jeruksawit dan Bulurejo.

Advertisement

Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Sunarno, menjelaskan jumlah balon kades di Gondangrejo paling banyak dibandingkan balon kades di kecamatan lain. Di posisi kedua yakni Kecamatan Kebakkramat dengan 17 balon kades di tujuh desa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif