Apakah Kiamat Terjadi 21 Desember?

Fenomena Solstice yang berdampak pada intensitas sinar matahari yang menimpa bumi. (timeanddate.com)Fenomena Solstice yang berdampak pada intensitas sinar matahari yang menimpa bumi. (timeanddate.com)

Fenomena Solstice yang berdampak pada intensitas sinar matahari yang menimpa bumi. (timeanddate.com)

Siklus kalender suku Maya akan berakhir pada Desember 2012 dan menimbulkan spekulasi bahwa kiamat terjadi pada tanggal 21 bulan yang sama.

Nah, benarkah dua pekan lagi akan kiamat? Situs timeanddate.com melansir sejumlah teori terkait dengan potensi terjadinya bencana akibat perubahan orbit planet.

Pertama, ada kemungkinan penyelarasan galaksi yang membuat kekacauan bumi. Kekacauan itu akibat gravitasi antara matahari dan lubang hitam yang disebut Sagitarius A, yang terletak di pusat galaksi Bima Sakti, tempat bumi berada.

Kedua, ada potensi pergeseran kutub utara dan selatan. Ilmuwan percaya bumi sudah tidak mungkin mengalami pembalikan geomagnetik. Kalaupun ada pergeseran kutub magnet maka diperlukan waktu 5.000 tahun dan tidak pada hari tertentu.

Soal teori pertama, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menyelidiki kemungkinan ada penyelarasan alam raya. Kesimpulan penelitian itu, pada 21 Desember 2012 tidak akan berbeda dengan pergantian malam-malam lain di bulan yang sama.

Hanya pada 21 Desember akan ada fenomena solstice. Matahari pada tanggal itu mencapai deklinasi paling selatan berkisar -23,5 derajat.

Fakta itu berarti, kutub utara dimiringkan 23,5 derajat menjauhi matahari. Kalender Gregorian mencatat titik balik matahari sepanjang bulan kedua belas itu terjadi pada 20 dan 23 Desember.

Pada tanggal itu, semua tempat di atas 66,5 derajat lintang utara (Artic Polar Circle) dalam kondisi gelap. Sementara lokasi di bawah 66,5 derajat lintang selatan (Antartika Polar Circle) mengalami siang selama 24 jam. (Lebih jelas lihat gambar)

Sebagai informasi tambahan, bumi tidak bergerak dalam kecepatan konstan dan orbit yang elips. Oleh kerena itu, setiap musim tidak sama rentang waktunya.

Jadi pada Desember ini, musim semi dan musim panas berlangsung lebih lama daripada musim gugur dan musim dingin. Adapun di Indonesia yang berada di kawasan khatulistiwa pergeseran matahari itu tentu tak berdampak banyak pada musim.

Editor: | dalam: Internasional,Sains |

39 Komentar pada “Apakah Kiamat Terjadi 21 Desember?”

  1. Sidiq Pramana
    7 Desember 2012 pukul 19:49

    Halah yg penting pasrah sama yg diatas

    • Nhiya
      11 Desember 2012 pukul 19:06

      Jangan terlalu percaya.! Karena Kita tidak Tau kapan Tuhan akan mengakhiri Dunia Ini..!

  2. Matpeci
    8 Desember 2012 pukul 05:58

    Yo wis.. Ditunggu wae

  3. jordi
    8 Desember 2012 pukul 10:05

    jordi

  4. jordi
    8 Desember 2012 pukul 10:05

    jordi mati kiamat datang

  5. hillman
    8 Desember 2012 pukul 10:19

    Dunia belum tentu qiamat, krn belum muncul Dajal.

    • Muiez.joy
      8 Desember 2012 pukul 17:11

      DAJAL: kelihatan dada dan bujal, banyak di jakarta

  6. lastri
    8 Desember 2012 pukul 10:55

    Allah swt yang lebih tau ,dan yg merencanakan .
    yg pting kita beramal .

  7. Negroz
    8 Desember 2012 pukul 14:37

    Ya udah ah gua mah mau jadi PANITIA KIAMAT aja..

  8. haw
    8 Desember 2012 pukul 16:51

    panitia kiamat …. ada ketua nya ada seertaris nya ada bendaharanya… hehheeh.?>
    haihaaata,….

    • Iis
      9 Desember 2012 pukul 08:18

      Kiamat tuch cuma allah yanq tau, mNqkin itu cuma prkra’an z, qita tdak tau kpn dtnq nya kiamat,

  9. denmas.dalijo
    8 Desember 2012 pukul 18:43

    paling laris bakul sandal jepit karo es teh…..

  10. sudarman
    8 Desember 2012 pukul 19:10

    Yang diatas? Apa yg diatas? Plapon maksudnya?

  11. dionysius hakkim
    8 Desember 2012 pukul 20:31

    jangan mudah terpengaruh tetaplah bedoa bertawakal,
    allah kan selalu menjaga kita semangat/

  12. Safrizal afridianto
    8 Desember 2012 pukul 20:39

    Allah mha mngtahui,
    jgn mndua kn allah,musyrik..

  13. ary
    8 Desember 2012 pukul 22:04

    percoyo wae karo al quran.semua tanda” kiamat wes enek kabeh nek kono …… ….

  14. ary
    8 Desember 2012 pukul 22:12

    “Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.” (Thaha: 15)

    Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Rabbku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Al-A’raf: 187)

  15. Dwi Solo Tea
    8 Desember 2012 pukul 22:16

    Wah harus persiapan dulu neh pindahan ke bulan. Wkwkwkwk….

  16. argiantz
    9 Desember 2012 pukul 00:45

    Sering aku baca2 di buku mbah google,
    Tentang apa yang akan terjadi di bulan dsember 2012 nanti, sampai2 tak slin di FB http://m.facebook.com/note.php?note_id=10151122490340863&refid=21
    Jadi ea, kun fa yakun,
    Yang terjadi terjadilah, smua atas kehendak allah swt,

    Ku cuma bisa pasrah aja….?

  17. Aniq
    9 Desember 2012 pukul 09:34

    Kita gk boleh percaya itu, itu musyrik, hari kiamat itu rahasia maha kuasa, malaikat aja gk tau kpn akan datangnya hari kiamat.
    Jadi jangan percya yang kyk gni, kita ttp menjalankan ibadah kta tpt waktu:)

    • Ida
      12 Desember 2012 pukul 18:24

      aq stuju dch sama kamuu..

  18. Trisna
    9 Desember 2012 pukul 14:24

    Hahaha lucu banget ada prediksi kiamat

  19. Achon Dancer Club student FB
    9 Desember 2012 pukul 21:44

    Bilangin yCc Sama Panitia Kiamat . . ? Aq Hari itu NgKk BZza Hdr ada urusan Keluaraga. . Absen Dulu

  20. Maha Raja Dunia
    10 Desember 2012 pukul 07:56

    Hitung mundur 21 Desember 2012.. 11 hari lagi:!
    Benar, seisi bumi akan punah pada hari jumat itu, kemungkinan yg tersisa hanyalah mereka yg ada di luar bumi!
    Siap siap menuju hari penghakiaman dunia yg ke 5.!

    • lia
      12 Desember 2012 pukul 15:33

      buad qm aja yah penghakiman dunia ke 5 nya,,,,hahhahhaha,,,,itu khusus bg yang percaya tgl 21-12-12 kiamat,,,,yang namanya kiamat tuh,,,, seluruh alam semesta hancur bagai kapas yang di tiup di udara,,,, semua hancur baik pelanet,bumi bulan ,dan matahari semua hancur,,, lucu2,,,, ada2 ajah,,,
      tidak ada satu orang pun,,,, yang tau kapan kiamat,,,,hanya sang pencipta yang tau,,,, yaitu Allah Swt,,,, :)

      • zola
        16 Desember 2012 pukul 13:58

        smua itu tergantung sang pancipta(ALLAH) swt saya lbh percaya tuhan saya dri pada makhluk” yg membicara kan hal tak memungkin kan,tpi yg pasti saya percaya bahwa hari kiamat pasti dtng…
        karna billa allah berkata ya… atau kunfaayyakun (jadilah) maka terjadilah smua itu…
        allahuakbar

  21. L
    10 Desember 2012 pukul 13:56

    Kiamat?
    Beramal?

    wes lar kalau kiamat,

    kalau manusia zaman skg suruh beramal?
    kayaknya susah dah.
    100% manusia, yang buat kemabikan baru 0.01% dan yang buat jahat 99.9%

    apa bisa dengan 0.01 % bisa menutupi kiamat?

  22. cah angon
    10 Desember 2012 pukul 19:59

    Kiamat adlah rahasia ALLAH ,,,kalo Ki amat dukunku,,,,,,,,,oalah wong,wong jmn yen eis tuo n akeh manugso kebak dosa ,sitik2 gae prkoro ,kurang manembah karo engkang Kuoso,keno isu sitik eis podho prcoyo,,,,,,,ok c u di alam baka smog kita bisa coment disana nanti n jgn lupa bw BB serta wifi Ok,,hhhhhhhhhh

  23. arifin
    11 Desember 2012 pukul 21:14

    Koyok

  24. Ida
    12 Desember 2012 pukul 18:28

    mungkin yg terjadi tgl 21 besok t cuma kiamat sughra.. lampu kuning dr tuhan buat hamba”Nya..

  25. ip yayang
    12 Desember 2012 pukul 19:12

    Lillahita’ala,,,smw qt psrahkn sma ALLah,,,

    • pecinta islam
      13 Desember 2012 pukul 12:29

      malaikat pun tidak tahu hari kiamat itu datangx pd hari kapan

  26. Miranda anda tooleng
    14 Desember 2012 pukul 01:40

    Segala sesuatu trjdi karena kebnykan org percaya.

    Serain aj sama TUHAN YESUS KRISTUS,
    dan qt ttp percaya aja sama Dia.
    Senantiasa qt di berkati dan di lindungi.
    Amin

  27. edy profesionair skmb
    14 Desember 2012 pukul 15:58

    smua terjd tnpa spengetahuan ilmu alam,,ilmu agama,.manusia..malaikat.,smua udah dgariskan oleh allah swt,jd kt cma percy ma allah aja..klu pun dia trjadi bsok,y kt trima aja..jd g da yg tw ,kpn kiamat dtang..okey.

  28. Rian
    17 Desember 2012 pukul 09:39

    Saya tidak percaya kalo 21 bakalan kiamat, yg tahu hanya Allah

  29. zain
    17 Desember 2012 pukul 12:51

    Insyaallah … Maka dri itu wahai umat manusia insyaflah

  30. fachri
    20 Desember 2012 pukul 12:46

    malaikat ,nabiaja gk tau kapan hari kiamat apa lagi manusia gk usah sok tau lah kalau kiamat tu tgl 21-12-2012

  31. radit
    20 Desember 2012 pukul 23:31

    MUHAMMAD SAW DAN JIBRIL,yang dekat sama ALLAH aja gak tau kapan KIAMAT apa lagi manusia!!!!

  32. hamba allah
    31 Desember 2012 pukul 05:46

    tak ada keraguan pada alquran..kiamat pasti datang…semua tuh kehendak allah…jika hari ini allah berkehendak…terjadi maka terjadilah semua itu…allah yyang maha kuasa..yang menguasai hari pembalasan..langit n bumi adalah milik nya,,,tak ada daya upaya kita,,,bumi bulan bintang langit gunung…bahkan nyawa sekalipun adalah miliknya…allah maha besar,,,tidak beranak n tidak pula diperanakan…

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga »