Lifestyle
Sabtu, 1 Desember 2012 - 00:30 WIB

Ekspresi Interior Gunakan Tenun Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi (Foto: Dokumentasi/JIBI/Bisnis)

JAKARTA– Cita Tenun Indonesia (CTI) meluncurkan buku berjudul Woven Indonesia Textiles for the Home. Buku ini menampilkan desain interior ruangan yang mengaplikasikan tenun Indonesia pada material produknya.

Advertisement

Ketua CTI Okke Hatta Rajasa mengatakan buku yang diluncurkan itu merupakan lanjutan dari buku pertama yang berjudul Tenun : Handwoven Textiles of Indonesia.  Buku itu mendokumentasikan ragam teknik, makna dan penggunaan tenun Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Menurutnya, melalui buku itulah CTI berusaha menyosialisasikan kegunaan kain tenun sebagai pelengkap interior. Buku itu juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dari selembar kain ternyata dapat dibuat berbagai hiasan dan kelengkapan interior.

“Melalui buku ini kami berharap akan muncul ide-ide dan karya baru dalam seni yang berasal dari kain tenun,” kata Okke di Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Advertisement

Hal itu, lanjutnya, tentu saja akan membuka peluang usaha baru bagi industri kreatif yang menguntungkan perajin. Sehingga pendapatan dan kesejahteraan mereka dapat meningkat. Juga turut serta meningkatkan perekonomian bangsa.

Dalam buku Woven Indonesia Textiles for the Home terdapat 14 orang desainer produk dan interior menampilkan rancangannya. Di antaranya Agam Riadi yang mengusung tema Multiple Sources yaitu aplikasi tenun Bali dan Palembang dalam berbagai produk untuk ruang foyer atau ruang baca.

Selain itu, terdapat pula desainer Andi Lim, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Fifi Fimandjaja, Joke Roos, Prasetyo Budhi, Reza Wahjudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, Su Yin Pramono dan Yuni Jie.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif