Soloraya
Jumat, 30 November 2012 - 17:02 WIB

PILKADES SUKOHARJO: 60% Bakal Calon Kades Petahana

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO — Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes) Pemkab Sukoharjo, Suramto mengatakan, pengumuman calon kepala desa (cakades) dijadwalkan dilakukan 1 Desember. Sedangkan penetapan, pengundian tanda gambar dan kampanye bagi Cakades dilakukan, Minggu (2/12/2012).

“Dari pendaftar atau bakal calon Kades sebanyak 386 orang, 60% di antaranya petahana atau incumbent,” ujarnya, Jumat (30/11/2012). Suramto menjelaskan, di Desa Telukan, Kecamatan Grogol dan Desa Nguter, Kecamatan Nguter merupakan dua desa dengan jumlah pendaftar bakal cakades terbanyak, yakni delapan orang.

Advertisement

“Desa-desa yang lain, jumlah pendaftar kurang dari delapan bahkan ada yang hanya satu bacakades.”

Pada bagian lain, Suramto meminta semua panitia melakukan pengecekan terhadap daftar pemilih yang telah ditetapkan. Panitia juga diminta mewaspadai kemungkinan ketidakhadiran kaum boro pada Pilkades, 3 Desember mendatang.

“Tatib yang telah dibuat oleh masing-masing panitia dan BPD tetap ditaati oleh calon. Jaga kondusifitas desa masing-masing sebab semua calon adalah warga asli desa yang bersangkutan.”

Advertisement

Dia menyatakan, daerah selatan cukup rawan karena banyak perantau. “Jangan sampai pilkades batal hanya karena kehadiran pemilih pada DPT (daftar pemilih tetap) tidak memenuhi kuota.”

Sebelumnya, Kabagops Polres Sukoharjo, AKP Miko Indrayana menyatakan, pihaknya telah menyiapkan personel pengaman agar pelaksanaan pilkades lancar. “Ada tiga titik penyiapan personel keamanan cadangan. Mereka ditempatkan di Kecamatan Mojolaban, Grogol dan Tawangsari.

“Ada 655 personel polri ditambah dengan personel TNI dan linmas. Petugas di masing-masing desa akan ikut mengamankan kotak suara hingga kantor kecamatan.”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif