KURIKULUM 2013
Pelajaran TIK SMP Bakal Dihapus

logo-kemendikbud

SOLO – Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengubah kurikulum pada 2013, berdampak pada peringkasan jumlah mata pelajaran di sekolah. Salah satunya menghilangkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di SMP.

Wakil Kepala Perguruan Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Solo, Hendro Susilo, menjelaskan pihaknya telah mendengar informasi mengenai penghapusan mata pelajaran itu. Namun sampai sekarang hal itu belum dibahas bersama jajaran pimpinan, karena kurikulum baru itu masih diuji publik.

Meski demikian, Hendro menilai dengan rencana penghapusan TIK itu bisa berdampak terhadap tenaga pengajar TIK di sekolah. Selain itu siswa SMP masih membutuhkan mata pelajaran TIK, meskipun selama ini proses pengajarannya masih bersifat teoritis.

“Di tempat kami ada seorang guru TIK, kalau nanti mata pelajarannya di hapus dia akan mengajar apa,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (30/11/2012).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Rakhmat Sutomo, mengaku belum mendapatkan surat edaran dan sosialisasi resmi dari Kemendikbud, sehingga pihaknya belum dapat menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya.

“Kami belum memiliki pandangan ke depannya,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (30/11/2012).

Rakhmat tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai dampak penghapusan mata pelajaran TIK terhadap para guru. Tapi dia berharap agar pemerintah pusat segera berkoordinasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) untuk merumuskan masa depan tenaga pengajar TIK di sekolah.

Meski demikian, Rakhmat mengaku optimistis pihaknya dapat menjalankan perubahan kurikulum yang akan diresmikan Kemendikbud itu. Pasalnya masih ada satu semester untuk persiapan sebelum kurikulum diterapkan secara nasional. Namun dia pun tidak yakin jika kurikulum baru itu dapat menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia.

Sementara itu relawan peduli anak, Sugeng Santoso, berpendapat kurikulum baru itu akan menguntungkan siswa. Karena kurikulum 2013 lebih mengedepankan proses dan hasil dalam mengukur kompetensi siswa. Selain itu kreativitas siswa juga menjadi salah satu penilaian sehingga tidak hanya tergantung pada nilai ujian.

Diinformasikan, dengan perubahan kurikulum mata pelajaran di SMP yang awalnya berjumlah 12 diringkas menjadi 10, yaitu mata pelajaran  Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya. Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran.

Editor: | dalam: Pendidikan |
  • PUTI AMBUN SURY

    SAYA TIDAK SETUJU KALAU PELAJRAN TIK DIHAPUS KARENA JIKA TDK AD PELJRN TIK SISWA SMP SUSAH MENDAPAT ILMU TNTANG TEKNOLOGI N INFRMSI DAN BUAT BPK MNTRI PENDIDIKAN GAK SEMUDAH ITUNGAPUS PELJR TIK

  • Dirgantara

    setuju klw TIK dihapus asalkn memg diintregasikan ke setiap mata pelajaran agar setiap guru mata pelajaran itu benar2 memahami teknolohi informasi.

  • BAITUS SHOFA

    saya tidak setuju, seharusnya di pertimbangkan lagi karena jika pelajaran tsb di hapus, maka generasi tunas bangsa bagaimana bisa untuk mengikuti perkembangan tegnologi yang sangat cepat dlm berkembang ???
    bisa-bisa Indonesia menjadi negara yang “GAPTEG”

  • DICE DWI NATALIA

    Wah ..Wahh TIK mau di hps jd apa bangsa ini tanpa teknologi….
    bukankah kemajuan teknologi harus di ikuti saya sebagai seorang pelajar sangat-sangat tdk setuju….
    harap pernyataan ini di hps ….

  • guru anti gaptek

    saya SETUJU sekali dg dihapusnya mapel TIK dan diganti dg TIK yang diintegrasikan dg semua mapel….BIAR SEMUA GURU MAPEL TIDAK GAPTEK…yg tidak setuju, baca dlu donk dg teliti…hmmm

    • peduli anak indonesia

      eh lu pikir lu bisa beri makan semua guru tik, pikir donk, disamping itu tidak semua guru bisa langsung paham tentang penggunaan komputer, mungkin anda bisa cuma guru yang lain gimana, sekarang dunia informasi bro, trus kalo anak tidak diajarkan menggunakan komputer… jangan2 anak indonesia diharapkan tidak bisa menggunakan komputer sehingga tidak bisa mengetahui informasi dari luar, atau mendapatkan pengetahuan dari luar ckckckckck

    • Cinta Indonesia

      Setuju sama @peduli anak indonesia dan tidak setuju dengan @guru anti gaptek, memang benar tidak semua guru bisa langsung paham tentang penggunaan komputer. Guru memang dituntut profesional, tapi ingatlah guru-guru yang sudah beda zaman dengan kita masih banyak. Kalo toh pemerintah memberi “penyuluhan” pada guru2, waktunya tdk akan cukup. Sama sekali tidak efektif. Padahal rencananya “kurikulum 2013″ ini akan diterapkan segera. Naudzubillah, bagaimana bapak Menteri? anak bangsa kita sendiri yang dikorbankan. Lihatlah ke lapangan, prakteklah mengajar. Tunjukkan pada kami bagaimana meng-integrasikan TIK dengan pelajaran lain? waktu guru akan terkuras habis, sementara materi tidak akan tersampaikan dengan baik. Mohon maaf bapak Menteri, kalo kami su udzon terhadap anda, karena jelas sekali ini hanya “proyek haram” untuk menghabiskan anggaran.

  • sari putri

    perubahan suatu sistem itu baik, demi untuk kebaikan bersama dan kemajuan bangsa, namun apabila tidak dicermati dengan seksama tentunya akan membawa kemerosotan bangsa, saat ini para pelajar di indonesia sedang giatnya belajar teknologi seiring dengan adanya mata pelajaran TIK,jika nanti mapel TIK di hilangkan dari mata pelajaran, minat belajar nanti akan berkurang, yang pada akhirnya bangsa ini tetinggal jauh teknologinya dengan negara lain, dan akan berdampak negatif bagi bangsa dan negara indonesia

  • ganang putra

    SANGAT TIDAK SETUJU MAPEL TIK DI HAPUS, generasi penerus bangsa ini harus bisa menguasai teknologi dan memang harus ada mapel khusus yang mempelajari teknologi, TIK sebagai modal dasar untuk mempelajari teknogi yang berkelanjutan…,

  • arif dirgantara hui

    PENGHAPUSAN MAPEL TIK MERUPAKAN PEMBODOHAN PADA MASYARAKAT dan akan merugikan bangsa indonesia untuk kedepannya,
    SANGAT TIDAK SETUJU MAPEL TIK DIHILANGKAN
    BANGSA INDONESIA HARUS MELEK TEKNOLOGI

  • Shelvy Chrisdamayanti

    wahh .. saya sbgai seorang pelajar pastinya TIDAK SETUJU. coba bayangkan bagaimana jadinya bila tidak ada pelajaran TIK, mungkin penerus bangsa tidak akan mengenal teknologi dan negara ini akan sulit berkembang menjadi NEGARA yg MAJU.

  • M.SATYA.ELFA

    saya tidak setuju apabila peljaran TIK dihapus ,krna bagaimana masa depan indonesia kalau ilmu teknologi dihapus

  • farhan

    ak tdk stuju klu mta pelajaran tik akan di hpuss

  • Muhammad Ronny Setiawan

    Saya Amat Tidak Setuju. Sekarang Dunia Semakin canggih Bagai mana masa depan indonesia kalau tidak tau . apa Itu Teknologi Informasi Dan komunikasi

  • Muhammad Farhan

    Sya sangat tdk setuju klu pelajaran tik di hapus. bagai mna kalau pelajar Tik di hapus Bisa punah kitaaa

  • Yasir gaooel

    Sayah juga tidak satujuuu.. Bukan masalah guru tikny.. Nyang jd masalah komputer2 di sklah tdk terpakai lagii.. Mubazir.. Hahay

  • mora

    bagusnya mentrinya di ganti saya g sanggup untuk jd mentri akan saya perketat penggunaan anggarannnya karena banyak seklai korupnya sehinga pengadaan tik tdk merata di tiap sekolah dan terlalu banyak mata pelajaran yang g ada masa depannya kalau tik dh jelas masa depan mungkin orang gaptek juga yang punya rencana

  • boedie gard

    sy TDK SETUJU SEKALI TIK mau dihapus. bagaimana nasib siswa2 nanti. bs gaptek. bs dijajah ma bangsa lain lwt kecanggihan teknologi

  • abdul latif dwi cahyo

    saya sngat tdk stuju< karena TIK adalah mata pelajaran yng pling menarik stelah OR,

  • rudi

    Dengan dintegrasikannya TIK ke dalam Mata Pelajaran yang lain saya setuju, tapi apakah ada mata pelajaran yang mempunyai banyak waktu untuk membahas secara detail perihal semua yang terkait dengan TIK. yang notabene pelajaran TIK itu adalah orientasi praktik dan skill. dan apakah sdm guru yang ada di “PEDESAAN/TERPENCIL” bisa mengikuti, bukan masalah ilmunya tapi sarana dan prasarananya…wasalam.

  • Ronny

    Mentrinya makin ngawur dengan menghapus TIK sebagai mata pelajaran di smp, Dikiranya semua sekolah di negeri ini memiliki fasilitas komputer sehingga guru & siswanya udah pada jago menggunakan komputer sehingga pelajaran terintegrasi dengan tik. Boro-boro menyiapkan fasilitas komputer yang lengkap & banyak untuk semua sekolah. Orang nangani gedung sekolah yang mau roboh aja nggak becus

  • wil

    klo tik diintegrasikan sedangkan sebagian besar guru-guru yang memegang mata pelajaran lain tidak menguasainnya,dan merekapun banyak yang tidak menguasai tik untuk kepentingan diri mereka sendiri contoh dalam pengolahan nilai

  • tukang becak

    Seorang tukang becak pun amat sangat tidak setuju anakku gaptek koyo aku apa mentrinya bs ne ngaji diganti ngaji semua mapel ama ngaji biar msk surga semua gaptek ga urusan yg pntg msj surga gitu aja Mr NOOOOHHHH

  • Yusuf N

    Sebetulnya Pak mentri memberikan lebih banyak jam untuk prakarya kontennya 3 jam, pake saja tuh untuk TIK, Elektro,PKK,Pertanian,Otomotif, Tataboga tuh untuk itu jatah prakarya, kok rame2 amat, repot2 mikirin Tik dihapus telaah dulu dong, memang terlalu banyak mata pelajaran tambah pusing tuh anak sekolah apalagi di perguruan tinggi jangan terlalu banyak mata kuliah yang tidak penting oke, saya guru TIK sudah sertifikasi, UKG sudah lulus ikuti aja teman-teman

  • putrimalu

    saya tidak setuju apabila TIK dihapus…, TIk integrasi dengan semua mapel. Padahal guru-guru di sekolah kami separo belum bisa memanfaatkan TIK, apalagi power point. Bahkan buka word aja ada yang belum bisa???? Untuk perkembangan zaman TIK berperan penting. Sekarangkan lagi sekolah berbasis IT….., Gimana klu gak bisa IT??????

  • rosariningsih

    TIDAK SETUJU…. TIK itu adalah sebuah ketrampilan yang siap pakai sangat berguna dan dpt diaplikasikan atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari…bikin paper atau laporan.. bikin design … bikin pembukuan…
    SETUJU jika nanti ternyata semua bidang pelajaran mengaplikasikan langsung ke dalam mapel tersebut…contoh bhs indonesia juga ngajarkan gmana cara bkin laporan bukan hanya teori tetapi lgsg menggunakan komputer ….HAHHA tantangan untuk semua guru untuk BISA TI ….. SUIPPPP …HAYO GURUNYA SIAP ATAU TIDAK???

  • sriyanto

    SANGAT TIDAK SETUJU TIK DI HAPUS DARI SMP DAN SEHARUSNYA DI KEMBANGKAN LAGI SD ,SMP DAN SMA JUGA HARUS DI KASIH PAK MENTRI,TIK ITU SANGAT PENTING PAK KAPAN LAGI SISWA AKAN TAHU TIK PAK LAGI JUGA KALAU DI BEBANKAN KE GURU YANG BUKAN BIDANGYA AKAN SALAH KAPRAH PAK, DR MUKOMUKO BENGKULU

  • Rivi hamdani

    SAYA TIDAK SETUJU MAPEL TIK DI HAPUS APA LAGI SEKARANG ZAMAN TEKNOLOGI BISA GAPTEK ANAK-ANAK BANGSA..

  • Firman

    susah payah lab.TIK diwujudkan pemerintah mulai 2004 ( KBK ) lanjut KTSP sudah kita maksimalkan manfaatnya, eh mau di hapus … trs dijadikan apa gedung lab tik rumah hantuu … sayang sekali klo ampek dihapus… siswa tinggal dlongap … dlongopp … lihat powerpoint. kasihan generasi penerus bangsa

  • Tulus David

    Mohon kepada bapak mentri, memperhatikan nasib para guru tik yang sudah lama mengabdi untuk bangsa dan negara serta masyarakat.

    • derry dpr

      SETUJU….mapel TIK jangan dihapus

  • endah

    kita sekarang berada di era informasi, semua tertuju pada dunia IT tp heran knp banyak yang menganggap IT itu tidak penting, seperti skr ini yang mana mapel TIK akan dihapus. saya sebagai guru TIK merasa kalo saya tidak diperlukan lagi shg banyak temen2 guru lainnya seolah2 mau mendepak saya, padahal mereka bisa ngetik n komputer dari guru TIK. tp stlh mereka baru bisa sedikit eh mo didepak…. seperti sesuatu yg tidak berguna lagi. TIK diintegrasikan ke mapelm lain, gmn ya wong guru mapel lain aja ga bisa buat e-mail, buat presentasi aja nyusuh hahhahah

  • Jkoornia

    Mestinya Jangan dihapus pelajaran TIK di SMP… tetapi ubah muatan kurikulum TIK nya jangan banyak teori tetapi lebih banyak praktik. terus… materi pelajarannya harus lebih luas dan berorientasi pada penerapan aplikasi yang paling sering dibuthkan siswa didik pada saat dia keluar dari satuan pendidikan. misalnya Ms. word untuk pengetikan makalah, excel untuk hitung statistik, grafis untuk keterampilan gambar. kan seandainya siswa itu tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ia bisa buka bisnis dengan membuka jasa pengetikan dan grafis…
    Please Pak menteri yang budiman…., jangan dihapuskan pelajaran TIK tapi muatannya di perbaiki… kasihan guru TIK… akan kehilangan jam mengajar, bagaimana dengan sertifikasinya…. wah menangis deh anak dan istri kalau begini!!!

  • derry dpr

    YTH Bapak Menteri Pendidikan….Tolong dipertimbangkan lg…kasihan guru TIK pak…apalagi yang masih honor…siswa juga tidak sedikit yang membutuhkan mapel TIK…
    walaupun diintegrasikan terhadap mapel lain, tp maaf nih ya mapel selaian TIK, itu hanya menggunakan/memanfaatkan TI sj.
    maksudnya saya, misal mapel IPS menggunakan TI dengan cara mengirim tugas lewat email, nah berarti di mapel IPS hanya menggunakan fasilitas email sj, tetapi di TIK selain menggunakan, para siswa dilatih untuk membuat email, sejarah perkembangan email, bgaimana perawatan email, dsb.
    Jadi menurut saya, mapel TIK TIDAK SETUJU kalo dihapus. Terima kasih

  • jemblek

    walah TIK dihapus ya… sayang sekali – padahal anak2 tahun depan mau tak ajari cara deface web… rencananya si webnya kemdikbud yang mau kita jadikan kelinci percobaan

  • blezink

    Bodo amat!!! Mau dihapus ato tidak ora opo2… lgian mas/mba guru ora usah khawatir, ora bakal nganggur guru tik ne, nnt guru tik nya malah disuruh ngajar guru me kali yeerr….

  • Warsambinrajaampat

    gue setuju skali klau TIK di hapus,,, to,,di daerah2 terpencil jg nga ada komputer n listrik,, Jdi klu kurikulum 2013 di hapus sie…ok-ok sj,,lagian kalau di kota anak kcl jg uda tau,,,ya klu diintegrasikan sie sy kira uda pas.

  • Moedch

    Pada dasarnya tidak setuju mapel TIK dihapus, bangsa lain udah lebih maju di dunia informasi, eh malah kita mau dibuat gaptek, gemana bangsa ini menghadapi era informasi yang kian canggih ? justru tik adalah gudangnya informasi global, siswa harus dilatih tuk faham teknologi informasi dan komunikasi, tolong dipertimbangkan pa menteri jangan menghapus sesuatu yang lebih bermanfaat tuk kemajuan ilmu pengetahuan. dan mau dikemanakan nasib kami guru tik.

  • Guru Terpencil

    PAK MENTRI
    TOLONG DONG TELAAH DAN PELAJARI LAGI TENTANG PENGHAPUSAN MATA PELAJARAN TIK INI

    KAMI SEMUA TIDAK SETUJU TIK DIHAPUS
    MAUNYA PAK MENTRI APA??

    BIAR SEMUA RAKYAT INDONESIA GAPTEK YAAAA??

  • isma

    Saya juga setuju pelajaran TIK dihapus. asalkan semua mahasiswa yang sudah kuliah maupun yang sementara kuliah pada jurusan TIK, akan dibayarkan semua biaya perkuliahannya dan diberikan ijazah pada mata pelajaran lain….

  • syahron

    pak menteri bilang gini : “Mapel TIK di SMP akan ditiadakan, TIK akan menjadi media pembelajaran semua mapel sehingga komputer tidak diajarkan secara terpisah”,
    mestinya harus dibedakan dong antara TIK sebagai “media pembelajaran” dengan TIK sebagai suatu “ilmu”.
    TIK sebagai media pembelajaran berarti TIK dijadikan sebagai kendaraan yg harus digunakan oleh semua guru untuk menyampaikan materi yg akan diajarkan, artinya semua guru sebagai subyek untuk menggali keilmuan TIK agar TIK dapat dijadikan sebagai media dalam penyampaian materi.
    sementara TIK sebagai suatu “ilmu”, berarti TIK dijadikan sebagai bahan yang harus digali oleh semua siswa, artinya siswalah yang sebagai subyek dalam mempelajari keilmuan TIK.
    lantas, kalau TIK dihilangkan, bagaimana siswa kita dapat menggali kelimuan TIK, siswa kita akan menjadi generasi yang sangat tertinggal di bidang teknologi, mereka hanya sebagai penikmat indahnya slide power point bapak/ibu gurunya, sementara mereka sendiri tidak dapat mengoperasikan program tersebut. mereka menikmati tayangan tutorial interaktif bapak/ibu gurunya dengan menggunakan program flash dan mereka sangat terkagum-kagum akan tetapi mereka tidak pernah tahu bagaimana cara membuatnya?
    MUNGKIN SEPERTI ITU YG DIHARAPKAN OLEH PEMERINTAH KITA???
    ANALOGINYA BEGINI : “MAPEL AGAMA DIHILANGKAN SAJA, TOH SEMESTINYA SEMUA GURU HARUS BERMORAL DAN BERAGAMA, PENDIDIKAN AGAMA TIDAK PERLU DIAJARKAN TERPISAH, PENDIDIKAN AGAMA MESTINYA DIAJARKAN OLEH SETIAP GURU YG MENGAJAR, SETIAP MATERI YG DISAMPAIKAN MESTINYA DIKAITKAN TENTANG MORAL, TENTANG NILAI, DAN TENTANG MANFAATNYA, JADI TIDAK PERLU LAGI ADA MAPEL AGAMA……”
    KAN TIDAK MUNGKIN TOH????????

    • neta

      kalau mata pelajaran TIK di hapus, saya yakin sebagai guru TIK, murid-murid saya hanya akan bisa main facebook, dan game online

    • Sang Guru

      Saya setuju apa yang dikatakan Bapak Syahron
      Pengetahun Teknologi itu sangat Luas, dan terus berkembang, memang harus dibedakan integrasi TIK ke guru mapel dengan ilmu komputer itu sendiri. Integrasi ke guru mapel lain itu hanya sebatas pembuatan media pembelajaran dan managemen pembelajaran, tak akan pernah mungin guru mapel lain mengajarkan Tehnik jaringan atau WEB Design atau Programming . Kasihan …. para pengambil kebijakan betapa sangat pendek berfikirnya kalau pengetahun TIK untuk siswa di integrasikan di matapelajaran lain. Padahal di tingkat Internasional ada Olimpiade Komputer………( berarti siswa kita tidak akan pernah punya kesempatan untuk mengikuti Olimpiade Komputer ). Belum lagi peralatan yang di adakan oleh sekolah seperti Unit Komputer, Laboratorium dan sebagainya …… akan tak terpakai lagi…..
      Pesan untuk para bapak-bapak yang menentukan keputusan atau kebijakan, Buatlah keputusan atau kebijakan yang tidak merugikan Rakyat dan masyarakat banyak.

  • PEDULI TEKNOLOGI

    ADA YANG MAU MENGGALANG PERSATUAN GURU TIK UNTUK DEMO DAMAI DI GEDUNG DPR? SAYA BERSEDIA DIHUBUNGI DI: 081311563117, KARENA SAYA JUGA GURU TIK YANG INGIN MENYUARAKAN ASPIRASI DAN NASIB

    • umi fathonah

      saya salah satu guru TIK yang tak tau harus ber buat apa??

    • Afiru

      Bapak permus kurikulum 2013 dan Pak Nuh yang terhormat. Tolong dengar jeritan hati para guru TIK SMP yang mapelnya mau di hapus atau di Integrasi ke mapel lain agar kami tenang dalam mengajar. Berilah kami penjelasan yang detail mengenai kebijakan tersebut. Anda semua pasti mendengar keluhan semua rekan2 Guru TIK SMP tetapi pura2 tidak mendengar. Kami butuh tempat untuk berbakti pada Negeri ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti guru Mapel lain. JANGAN HAPUS MAPEL TIK .DENGARKAN JERITAN GURU2 TIK SMP BAPAK PERUMUS KURIKULUM 2013 dan bapak KEMDIKNAS..

  • amat

    bagus…itu wacana,klopun itu terjdi pasti uda dipikirin pemrtah kedpn.

  • Hutajulu

    Saya tidak setuju Mata pelajaran TIK di hapus karena guru-guru belum pintar komputer apalagi siswanya masih mengenal komputer sudah dihapus mata pelajaranya…..gimana ini……ini berarti mulai 2013 anak tidak mendalami TIK lagi.. kasihan anak bangsa ini.Katanya jaman teknologi malah dihapus. Menurut saya ini keliru pak menteri. Tolong bapak pertimbangkan kembali…… Terima kasih….

  • Susilo

    Sangat tidak setuju apabila mapel TIK dihapus , zaman sudah komputerisasi , sekarang kita masih ketinggalan , terus anak – anak untuk mengejar zaman komuterisasi akan lebih ketinggalan lagi masalah IT , padahal untuk daerah – daerah pelosok , IT itu merupakan barang baru/mewah, terus guru – guru nya mau dikemanakan nasipnya, padahal sdh sertifikasi. Tolong dipertimbangkan leh mendalam .

  • Indra

    Walah,, ada2 aja nih kebijakan…
    Untung presidennya masih SBY, kl aku yg jadi presiden mungkin udah aku resufle menterinya…

  • abbah

    PAK MANTRI ………………
    DENGAN ADANYA MAPEL TIK MINIMAL ANAK TAHU SOAL KOMPUTER, DIMANA JIKA MEREKA TIDAK DAPAT MELANJUTKAN SEKOLAH MINIMAL MEREKA PUNYA KETERAMPILAN KOMPUTER YANG MUNGKIN BISA DIJADIKAN MODAL UNTUK BISA MENCARI PEKERJAAN SEHINGGA TIDAK MENAMBAH PENGANGGURAN DI NEGARA TERCINTA INI.
    “PA” ‘ lebih baik gunakan otak daripada menggunakan dengkul ‘

  • nada

    saya tidak setuju dengan keputusan pak menteri. karena mau jadi apa penerus bangsa jika tidak tau tentang komputer? Pak menteri pikirkan saya makan dan kuliah dari gaji mama saya yang seorang guru TIK yang sudah di sertifikasi, kalau TIK di hapus saya minta makan dan uang kuliah dari pak menteri ya.

  • yani.z

    saya setuju banget tuh sm opininya mas syahron…., malah tek tambahin begini. karena semua guru mengajarnya menggunakan bahasa pengantar bahasa indonesia jadi jelas sekali bahwa bahasa indonesia TERINTEGRASI pada seluruh MAPEL maka seyogyanya bahasa indonesia juga harusnya dihapus. GIMANA PAK MENTERI…? setuju nda dengan argumen saya?

  • itmen

    whahhaha.. paling2 ujung2nya duitttt… past akan ada proyek ehhehe

  • Manzila

    Saya juga tidak setuju kalau pelajaran TIK dihapus, Pak MENTERI dan perancang Kurikulum 2013 apakah benar orang-orang pendidikan?? ibarat kacang lupa pada kulitnya, lihat faktanya dong, bagaimana bapak menteri dan bangsa ini sekarang bisa menggunakan perangkat teknologi dan mencari informasi, itu semua tidak lain adalah hasil dari pengembangan pelajaran TIK, TOLONG PIKIRKAN KEMBALI wahai BAPAK MENTERI, mapel TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI adalah mata pelajaran yang berguna untuk membangun bangsa ini agar lebih maju.

  • emo smp tayu

    Setuju…… BILA TIK TIDAK DIMASUKKAN DALAM MATA PELAJARAN,
    “APABILA DI SEKOLAH TERSEBUT SUDAH MEMBUDAYA MENGGUNAKAN FASILITAS TEKNOLOGI INTERNET DAN MENYEDIAKAN PUSAT INFORMASI SERTA TENAGA PEMANDU YANG SELALU SIAP MELAYANI BAGI SEMUA PERSONEL YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN TIK”
    Karena di zaman teknologi yg sudah membudaya di masyarakat seperti sekarang ini , Intek siswa tentang TIK sudah diperoleh dari lingkungannya.
    Dan tentunya tidak semua sekolah bisa menggunakan argumentasi ini. apalagi sekolah-sekolah yang masih Gaptek (Gagap Teknologi). Jadi kesimpulannya DIHAPUS ATAU TIDAK DIHAPUS DARI MATA PELAJARAN tergantung situasi dan kondisinya, makanya TIK merupakan pelajaran pilihan

  • Budi

    Agan-agan semua, Pengennya bpk menteri mungkin gini, gimana kalau semua mapel itu berbau TIK. Baru kefikiran sekarang kah oh wahai bpk menteri? Terlambat.. Ah alangkah lucunya bapak yg satu ini, silahkan survei ke daerah, sekarang sudah banyak guru mapel di luar TIK yang sudah sejak lama menggunakan perangkat TIK. misal tugas IPA dikirim via email, atau presentasi di kelas pake power point, belajar bahasa inggris menggunakan web dari BBC dll. Sebelum disuruh dengan kurikulum 2013, kami para guru yang tinggal di pedesaan sudah mencoba untuk memajukan pendidikan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin GILA. Alangkah lucunya kalau TIK dihapus, maka makin terpuruknya bangsa ini. sudah pasti tahun depan anak2 tidak akan tahu lagi hardware, software, email, blog. Mereka cuma tahu google za paling.. Bagi para pemimpin yang memberi kebijakan yang tidak mendukung rakyat, maka jangan harap bpk menteri mendapatkan keridhoan dari yang maka kuasa, ALLAH SWT.. Apalagi diantara kebijakan bpk, ada yang merugikan yakni secara tidak langsung SEMUA GURU TIK HARUS DIMUSKAN DI NEGARA INDONESIA.. ternyata INDON belum merdeka…

  • nasir

    saya setuju asal guru TIK Dikasih Gaji setiap Bulan Rp.1.500.000 gmna P. Mentri setuju gak …………………

  • Siitik

    Coba dkaji lg..utk pnghagusan mapel tik, knyataan dlapangan siswa itu hnya bs fb, game online tp dtnya singkatan internet aja g tau..untung ada dpljrn tik..shg siswa tau pngrtian, sejarah dan fasilitas2 dinternet..sy stju tik diintegrasikan ke mapel yg lain, tp haruskah mapel tik dhapuskan? Hrsnya klo mo diintegrasikan ke smua pljrn, guru2 yg ddaerah itu dberi pelatihan dl soalnya msh bnyk skali guru yg msh gaptek..jgn dsamakan dgn guru yg dkota..jd hrs DAPAT MEMBEDAKAN antara PENERAPAN TIK dgn MAPEL TIK itu sndiri..gmn tho pak mentri teh!?!

  • Enter your name…

    hrs DAPAT MEMBEDAKAN antara PENERAPAN TIK dgn MAPEL TIK itu sndiri..gmn tho pak mentri teh!?!

  • Deddy Setiawan

    Huft…..!!!
    Bukankah materi TIK itu penting,,…???

    Seharusnya pengenalan TIK itu lebih dikenalkan lebih dini (SD), bukannya malah dihapus….
    Disamping “ilmu”nya, TIK didalamnya juga mengajarkan tentang “KETERAMPILAN” yang secara tidak langsung mengajarkan anak didik untuk lebih trampil. Coba bayangkan seandainya materi TIK dihapus, trus peserta didik diberi tugas untuk diketik/kirim lewat email, sudah barang tentu peserta didik tidak bisa menggunakan program (word/excel) dengan baik…
    Yang ada ngetiknya malah belepotan g karuan…

    Mungkin tidak menjadi beban untuk lingkungan perkotaan. tapi bagi lingkungan pedesaan yang jauh akan pengenalan teknologi, apakah akan dibiarkan begitu saja supaya bertitel GAPTEK…???

    Trus bagi guru mapelnya mau dikemanakan…???

    Tolong untuk pihak yang berkepentingan untuk bisa lebih bijaksana lai dalam mengambil keputusan…

    terima kasih….

  • Harry

    Kali Pak Mentri Gak bs menggunakan IT makanya mata pelajaran TIK akan dihapuskan dari kurikulum.
    Pantasla kalau bangsa ini tdk bs maju. Kurikulum aj harus coba2 ky main togel untung2 berhasil gt.

  • http://Enteryourwebsite... angga

    Saya tidak akan pernah setuju mapel TIK dihapus ! saya seorang murid SMP yang masih ingin belajar TIK karena saya masih ingin tahu bagaimana cara mengoperasikan Word,excel,powerpoint jadi jika TIK dihapus boro…boro…belajar word,excel,powerpoint matiin sama nyalain komputer aja nggak bener bisa…bisa…nanti gara2 ga bisa matiin komputer kabelnya langsung di cabut dari stop kontak yang ada bukanya mati komputernya yang eror makanya saya mohon wahai PAK MENTERI YANG TERHORMAT tolong pertimbangkan lagi PENGHAPUSAN MAPEL TIK karena jika MAPEL TIK DIHAPUS mau jadi bangsa apa kita ini ? Bangsa gaptek ?

  • UMI KULSUM

    Siswa 2 berpendapat : SANGAT TIDAK SE-7.
    Karena kami butuh ilmu teknologi yang semakin maju.
    Tolong Pak Mentri jangan hapus mapel TIK. karena g ada penghapus,tip-ex atau yang laennya.
    trima kasih

  • andy suryadi skom

    dirgantara..
    enak di loe gak enak di gw dung.. loe pikir kite2 kuliah gratis epe nyari ilmu komputer..
    mau di bagi keguru mapel secara gratis..
    ketahuilah.. mengajar guru2 lebih sulit yambung … ketimbang ngajar anak2..

  • andy suryadi skom

    alaha2.. pa apaan pak mentri ini..

  • Heri Kumbara, S.Pd

    Sya bingung kenapa kurikulum selalu berubah apakah smuaini sudah menjadi bisnis bagi pemimpin, sy sudah mengabdi mulai tahun 2005 tp apa nama sy sj tidak ada di kabupaten Ogan Ilir bhkn gaji sya sj Rp.100.000/bln mau nghidupin ank istri,,kl tdk mngjr ilmu yg sy dpt akn hlng..sy mohon tolong pendidikan diutamakan apalgi pelajrn TIK it suatu ilmu tmbahan bg siswa aplgi bg kami yg didaerah terpencil. Dan jg didesa km guru2 jauh kbnykn dari luar smua jd terbengkalai siswa desa kami.

  • wawan

    TIDAK SETUJU KALO MAPEL TIK DIHAPUS..!!!

  • wahidin

    rapatkan barisan, satukan pendapat hayu kita demo menolak mapel tik di hapus

    • Afiru

      AYO DEMO SAJA TEMAN2 GURU TIK SMP, SUARA KITA TDK PERNAH DIDENGAR SAMA SEKALI

  • de fyan

    mapel tik dihapus? oooo itu pertanda! mentrinya bego, kemudian orang2 dibelakangnya seperti profesor2 yg kplnya botak so tau so pinter, gue yakin dia blum pernah kelapangan, dia cuma duduk dimeja ngotak ngatik proyek yg gede, Ya Allah mudah2an dia terkutuk! ingat satu kali salah anda membuat sebuah kebijakan, dosa anda numpuk, mau dibawa kmn bangsa ini. lebayyyyyyyyy deh lo

  • Mattheo

    Diintegrasikan gimana mening kalo guru2 yg lain bisa, Sampai saat ini masih banyak guru2 yang kesulitan nyari2 hurup di KeyBoard Juga. Tidak Mungkin guru mengajar Matematika sambil mengajar siswanya MENGETIK. Ya Jelas Tidak Setuju…!

  • taufiq

    p mentri, tlng jgn melihat sekolah kota yg maju dan mayoritas siswanya melek it. d sklh sy mkn br 20% yg melek it, yg 80% msh gaptek kok sudah mau di haps. cita2 sy ingin mengentaskan 80% siswa yg gaptek ini, eehh th2 mp tik dhapus, tlng dpikirkan dn dcarikan jln keluar…..! mengenai nasib guru tik sy pasrah pd Allah SWT.

  • aisyah

    pak mentri …. coba dengarkan suara kami,..jangan kurikulum ini hanya sebatas proyek yang menguntungkan pihak2 tertentu diatas,.. tapi coba bapak cek ke lapangan jangan hanya sekolah yang ada dipusat saja yang dijadikan acuan perubahan kurikulum,.. sementara kami yang ada di daerah pinggiran yang masih buta akan tekhnologi dan sekolah kami tidak memiliki sarana komputer dan sebagainya harus dipaksakan ikut kurikulum ini…. semoga allah mengampuni dosa orang2 yang mempermainkan kurikulum ini….

  • ely

    TIK IS THE BEST

    • JOKO WIDODO

      sempak

  • ely

    JIKA DIHAPUSNYA PELAJARAN TIK Itu sangat tidak propesional.”kapan lagi negara ini maju” yg ada malah manusia GAPTEK

  • Indra

    Ass. Pak Menteri yang terhormat, mohon agar pelajaran TIK tidak dihapuskan…bukan hanya nasib siswa nya saja, tetapi tolong dipikirkan bagaimana nasib Guru TIK yang sudah lama mengabdi.

  • Indra

    Pak Menteri tolong ditinjau kembali penghapusan mapel TIK… kalau bener2 dihapuskan..gmn dampaknya terhadap Guru TIK. Hitung aja semua Guru TIK diseluruh Indonesia. apalagi yang honor. mau dikemanakan mereka. mereka juga punya keluarga, butuh sandang pangan. sama saja rakyat tetap gak akan sejahtera kalau begini..Padahal tujuan kita adalah mensejahterakan rakyat. tolong dipikirkan kembali dampaknya. itu yang terpenting

  • bommer

    Lulusan TIK bukan orang yg lemah , masih bnyk peluang untuk kita,, TIK bukan pedoman untuk jadi guru aja,, kita bisa bangun usaha sendiri,,

  • Samber Geledek

    mendengar pemberitaan ini membuat saya seprti kesamber geledek,,kok TIK sampai hati mau dihapus..padahal siswa2 butuh sekali pelajaran TIK…Pak Menteri,,,sudahlah menghumbar dosa…klo sampai dihapus bapak akan menanggung dosa ribuan siswa dan guru…karena Bapak sudah menjegal ilmu ke siswa dan matapencaharian guru…pak menteri.. orang kalo udah sakit hati didoakan 40 orang bisa terjabah…gmn kalo ribuan orang yang mendoakan bapak…yang jelas doa nya yang gk baek….(pikirkan kembali)….nah usulan saya juga gmn kementrian KOMINFO yang juga erat kaitannya dengan tik DIHAPUSKAN juga…kan bisa aja KOMINFO diintegrasikan dengan kementrian laen….PISSSSS

  • Cacu Euy

    Ya Emang Susah Klo otak konsumtif, sampai generasi mudapun mu di ajak menjadi orang yang konsumtif, hanya menjadi penikmat aja, tidak pernah berikir untuk menjadi seorang kreatif

  • Brosot

    Sy Guru di Jakarta sudah 4thn, bukan hanya di pedesaan saja yg gurunya msh gaptek, di Jakarta pun masih teramat banyak guru2 yg gaptek. gmn jdnya kalo pelajaran TIK dihapus???? makin mantap aja donk guru dan siswa pada gaptek. wkwkwkwkwkwkwk……..

  • Usman smpn 1 winongan

    pak menteri giman ini pak masa’ TIK mau dihapus ,,,lah tahun depan kan smp” lain mau study tour dan menyerahkan tugas ahir sekolah dan itupun dengan bantuan komputer pak masa’ membuat laporan dengan menggunakan mesin ketik kuno pak

  • ical

    iya nih pak menteri ambil keputusannya sangat terburu-buru mungkin,,,, koq TIK sampai mau ditiadakan, n dijadikan media pembelajaran. Coba dibayangin, kita sebagai guru TIK mau mengajar guru mapel lain yang sudah pasti bakatnya ptidak pada mapel TIK,,,,para guru walaupun sudah senior pasti otaknya sdh susah menerima pelajaran. nahhh utk itu semua pastinya kita tdk mau para siswa nantinya akan gaptek seperti guru2 senior tua skrg ini dimana jaman dulu blum ada mapel TIK. skrg untung2 mapel TIK ada, sehingga siswa yang masih umur belia bisa diajarkan langsung, ehhh tiba2 pak menteri mau hilangkan begitu saja. sangat2 tidak logis. Standarnya pak menteri sangat tinggi, mungkin ambil standar perkotaan yang sudah lama melek dgn IT (TIK) atau mungkin standarnya diambil pada diri sendiri, ato mungkin juga pak menteri tidak tahu menahu masalah TIK, sehingga tidak mau ambil pusing dgn TIK makanya ditiadakan saja.

    Faktanya, bukan mapel TIK yang ahrusnya dihilangkan utk dijadikan media pembelajaran, contohnya Bahasa Indonesia, bahasa indo kan sudah jadi bahasa sehari-sehari, dan pastinya digunaakan dalam setiap mapel, jadi mapel inilah yang harusnya ditiadakan, bukannya TIK. mapel lain seperti yang telah dijelaskan pada koment seblumnya yaitu Agama,, agama kan sdh melekat pada diri manusia sejak lahir, ngapian juga repot-repot dijarkan lagi…..bukannya TIK yg ditiadakan…….

    Dimana letak akal sehatnya pak menteri nih, sampai-sampai semua keputusan yang dikeluarkan tidak ada bagus2nya, malahn tambah memperbodoh anak bangsa…..

    saya siap demo utk menolak peniadakan TIK dalam kurikulum 2013, karena penghapusan saya anggap diluar kewajaran…. celoteh Guru TIK di pelosok negeri.

    • zahra

      tik emang ga usah dihapuskan tapi bukan pelajaran agama juga yang harus dihapuskan , ntar mao jadi apa bangsa ini kalo ngerti IT tapi ga ngerti agama , RUSAK NEGARA INI !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • uswah

    kl TIK di hapus maka semua kelas dan sekolah harus di lengkapi perangkat IT biar saat mengajar bs dengan media IT, lha kl seperti di sekolah sy guru yang gaptek masih byk, kelas yang dilengkapi IT jg cm sedikit, masak ngajarnya gantian di kelas yang ada IT nya?…gmn bs maju ni anak bangsa?

  • http://www.ict.com AISYAH

    KAPAN YA…. ADA PENJELASAN RESMI DARI KEMDIKBUD ATAU PIHA YG TERKAIT TENTANG NASIB GURU TIK SMP. DIBIARAN SAJA TIDA DIBERI PENJELASAN PADAHAL MAPELNYA DIHAPUS. PAK MENTERI BERI AMI KEPASTIAN…PLEASE DEH…

  • Louis Frederick Rakotoarison

    Dirgantara, memang tujuannya agar ict terintegrasi ke dalam semua matapelajaran sebagai alat.
    Saya agak heran, dengan judul di atas yang bisa membingungkan semua orang terutama orangtua. Orang2 asal ngomong saja karena belum pernah membaca se-kalimat apapun di dalamnya. Mohon didalami bahwa ict bukan dihapus dari matapelajaran tetapi DIINTEGRASIKAN di semua matapelajaran.

  • Louis Frederick Rakotoarison

    Bukan setuju atau setuju karena matapelajaran TIK memang diintegrasikan ke semua matapelajaran rencananya.

  • devi artikasari

    Mata pelajaran TIK sangat dibutuhkan dalam dunia kerja seperti pelajaran EXCEL WORD ACESS dan lainnya. Jika pelajaran TIK dihilangkan bagaimana dampaknya terhadap siswa. Dan bagaimana nantinya para guru TIK yang mata pelajarannya dihilangkan mereka mau mengajar apa?? seandainya pelajaran TIK dihilangkan bubarkan saja Universitas Pendidikan yang ada Prodi PTI ( Pendidikan Teknik Informatika ) karena calon calon guru TIK tidak ada masa depannya.

  • chelsy dhiya assalwa

    jika pelajaran tik di hapus nanti warga indonesia tidak mengerti teknologo yang akan datang

  • novry

    Kalau pemerintah memberlakukan kurikulum yg baru sedemikian…sekarang masalahnya banyak guru guru d tingkat kabupaten yang tidak bisa mengoprasikan computer (gabtek) jadi bagaimana bisa kurikulum itu bisa optimal…trus computernya saja banyak sekolh belum memiliki …d dalam kota saja banyak sklh punya komputer tapi jadul…pemerintah ini aneeeeeh ambil sampel dari mana mereka yaaaa???? Sayang anak2 sekarang d jadikan kelinci percobaaaan kapaaaan indonesia maju??

  • chelsy dhiya assalwa

    huuhh bete

  • dugan

    kenapa TIK harus di hapus? kenapa gak MATEMATIKA atau FISIKA aja gitu??
    kalo TIK dihapus, gimana Indonesia mau maju?
    lagian gak segampang itu kalo mau menghapus suatu pelajaran. apalagi pelajaran TIK yang banyak di sukai oleh beberapa siswa SD SMP ataupun SMA

  • Nuni

    Kalo misalnya jadi di hapus, kasian dong yang tinggal di dusun, desa dan pulau terpencil lainnya. sedangkan dijakarata aja masih ada yang gaptek :(

  • iqievanrahman

    pel TIK jangan di hapus ,, karena berguna untuk masa depan , d prediksi masa depan segala nye di gunakan dengan tekhnologi …. kl gak ada pel TIK yg mendasar siswa menjadi kurang terampil dalam ilmu tekhnologi ….. ssipppppppppppppppppppph dah … RIFQIVANRAHMAN

  • Nida Salsabila

    Kalau seandainya pelajaran TIK benar dihapuskan,bagaimana dengan generasi selanjutnya??bagaimana Indonesia akan maju dan terkenal akan kemajuannya dimata dunia kalau pelajarnya saja tidak mengetahui tentang pelajaran TIK yg mencangkup tentang ilmu-ilmu tekhnologi??! Yang ada pelajar di Indonesia akan GAPTEK merata!!! tolong difikirkan matang-matang lagi tentang penghapuskan pelajaran tersebut….

  • Sukma Nur F

    kenapa harus di berhentikan?
    disisi lain bukankan teknologi sangat dibutuhkan di era globalisasi seperti ini?
    jangankan di daerah terpencil, di jakarta saja masih banyak yang gaptek mengaplikasikan komputer termasuk para pelajar…

  • tamara kemala putri

    saya tidak setuju . mengapa harus di hapus ?
    indonesia butuh tekhnologi . dan salah satunya dengan cara pelajaran TIK di sekolah . kasian anak” di daerah terpencil yang belum mengerti menggunakan komputer . tolong fikirkan lebih matang lagi . kalau tidak di berikan pelajaran TIK sejak dini bagaimana mereka mau kerja nanti ?
    sekarang semua perusahaan menerima karyawan yang mahir menggunakan komputer . terus buat apa mereka yg belajar tinggi” intik menjadi guru tik ternyata ditiadakan akhirnya ?

  • no no no

    bagaimana dengan masa depan anak bangsa nanti,klo pelajaran TIK dihapus??????

  • Alfie

    kenapa harus ditiadakan?
    gimana Indonesia mau maju, Negara lain yang teknologinya canggih aja masih harus belajar, masa Indonesia yg belum begitu canggih teknologinya udah ga belajar TIK lagi……………..
    selama ini guru TIK sia-sia dong kuliah tinggi2, cape2 tapi ga dihargain lagi,
    yg sudah mahir aja masih perlu belajar, gimana yg belum mahir????

  • NUBER AND FNTA

    SAYA TIDAK SETUJU KARENA, JIKA TIK DIHAPUS KITA TIDAK DAPAT MEMPELAJARI TEKNOLOGI LEBIH DALAM DAN BANYAK GURU YG AKAN DIPHK

  • yumail

    SAYA TIDAK SETUJU , TAPI SETUJU AJA DEHH …
    heheheh’ :p

  • robirahma adawzah

    sebaiknya pelajaran tik jangan dihapus , karna kalau dihapus ga bisa belajar tik .

  • kadalrasta

    ngapa enak agama aja gak perlu tuh !!
    TIK gak Usah ngapa enak :D

  • Alya,Eka,Dewi

    SAYA TIDAK SETUJU ..!!!!!! KARENA JIKA PELAJARAN TIK DI HAPUS MAU JADI APA BANGSA INI? JUSTRU KITA MALAHAN LEBIH KUPER KARNA TIDAK TAHU CARA BERTEKNOLOGI.. SEBENERNYA NEGARA INDONESIA INI MAU MAJU ENGGA SIH ??KALO MAU MAJU JANGAN DI HAPUS PELAJARAN PENTING INI

  • SUSILO BAMBANG YUDOYONO

    Saya lebih setuju pelajaran B. Arab di MTs Di hapus :D
    TIK tidak usah !
    Ocee ??

  • JOKO WIDODO

    TIK jangan dihapus donk Cacad Metal nih Pemerintah !!

  • faiz

    tolong,, pikirkan nasib anak anak di plosok negeri, ada pelajaran tik saja mereka belum tahu apa itu komputer?? apa lagi kalo dihapuss ?? BAGAIMANA BANGSA INI MAU MAJU KALAU PEMERINTAHNYA SELALU MENGUBAH KURIKULUM YANG SUDAH ADA …!!!!!!!!!!!!!!

  • niia , rizky dini , amanda

    SETUJU TIDAK SETUJU , LABIL-_____-

  • donny

    kenapah harus diapus?? apahh tidak menyesall dengan keputusan inni ?? pikikan nasib anak2 bangsa yang belum paham betull tenntang tekhnologi !!!!!!!!!! >.<

  • Nabila Az Zahra dan Indanaa Lazulfaa

    kalau pelajaran TIK dihapus, kami selaku pelajar merasa rugi, jika dihapus kami tidak akan mengerti tekhnologi zaman sekarang. dan bagaimana nasib guru-guru yang mengajar TIK, yang ahli dalam teknologi!!!….

  • kevin

    Saya dari murid MTsN 2 sangat tidak setuju karna pelajaran TIK sangat penting untuk mengetahui cara memakai komputer dan untuk mengetahui fungsi nya jiika tidak ada pelajaran TIK masyarakat pendalaman akan bodoh dan tidak akan maju

  • farhan ahonk

    kami masih membutuhkan teknologi komputer untuk masa depan kami !!!

  • cempaka

    kalo matpel TIK dihapus bangsa indonesia akan semakin ter puruk akan teknologi, masih banyak siswa-siswa di pelosok yang kurang mengetahui teknologi (gaptek).
    APA KATA DUNIA???????
    MALU SAMA NEGARA LAIN!!!!!!!!!!!!!!!!
    harus lebih berpikir untuk ke depannya sebelum bertindak.

    • taufik adnan

      kita demo ajjah rame” kalo dihapus . .

  • Aisyah dan Aini

    bagaimana nasib mereka yang masih dibawah umur yang belum mengerti tentang teknologi???…

  • erika rahmawati

    dengan alasan apa pelajaran tersebut dihapus, belum tentu semua murid2 bisa pelajaran tersebut . toh,ini tuh jaman modern COY !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • nucke fathimah

    saya sebagai murid tidak setuju kalau pelajaran TIK di hapuss ……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ini tuh jaman modern coyy!!!!!!!!!!!!!!! gimana kalau tidak ada pelajaran TIK bisa hancur penerus penerus bangsa ini !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • devita chandra

    saya tidak setuju , karena tidak semua orang mahir dalam bidang ini . saya juga termasuk orang yang tidak terlalu mahir .. lalu bagaimana nasib guru guru tik kami ????????
    pelajaran tik ini kan juga penting dalam kehidupan masa depan !!!!!!! memang nya pemerintah mau menanggung hasil nya nanti kalau anak indonesia tidak terlalu mengerti dalam bidang ini !!!!!!!
    fikir dulu dong akibat nya .. eettttt

  • yohana

    kami siswa di pedalaman jauh berbeda dngan anak2 dikota dalam hal penguasaan tik(khsusnya komputer)..jadi kami sangat butuh pelajaran Tik..sebagai bekal kami bekerja ataupun kuliah. Pak mentri jangan abaikan kepentingan kami, klo perlu kompetensinya yang dibedakan misalnya dikota2 besar belajar pemrograman sedangkan kami di daerah masih membutuhkan materi dasaq, word,exel,internet.dll.

  • musthofa

    saya tidak setuju aadanya pelajaran TIK igin di hapus, apa masalahnya..?!!!

  • Ryan

    terserah pak mentri aja lah…palingan ntr ganti mentri ganti kurikulum juga…..gx bakal bisa 30 tahun pak mentri rancangan ente

  • Reyhan rahmana

    SAYA TIDAK SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

    • Reyhan rahmana

      yaa

  • Reyhan rahmana

    gak setuju , selamamya

  • bajingan

    aku sebagai guru tik kok ngrasa aneh banget neh menteri yang satu ini, mending malah tambahin pelajaran anti korupsi , eh malah menghapus tik , kpk aja pakai teknologi sadap , perhitungan suara pakai teknologi, eh malah pelajaran tik dihapus , kita sebagai guru aja masih pengen belajar tentang tehno , lah anak 2 mau ngapain mereka hanya bisa fb, fb an pun klo daftar sendiri kadang gak bisa , login aja kadang gak bisa ……….gila gila indonesia gila, kurikulum paling gila…….

  • bajingan

    kurikulum paling gila

  • Ahamad

    TIK dihapus bagimana dengan sekolah di pedalaman. Pemerintah hanya melihat kedepan tdk pernah meneggok ke belkNG

  • Kampret

    Kayane si pemerintah sakit hati karena situsnya dirusak ma penjaga warnet,,jadi imbasnya pelajarn tik dihapus,dengan tujuan membodohkan generasi hacker2 nasional,,
    Takut di hack lagi,wong it pemerintahannya dungu,,ga bisa buat sistem keamanan buat situs pemerintahannya,,wkwkwk,,

  • Rafly

    Tolol LU !!!!!!!
    GUE TERUS MAU AMBIL JURUSAN APA DI SMK !!!!!
    TOLOL !!!!!
    GAK SETUJU GUE !!!!!!!!!!

  • korban guru tik

    ironis memang, kok tik dijadikan media atau sarana pembelajaran, tiknya sendiri dihapus. okey kurikulum berubah tapi ingat satu hal jangan ada yang korban terutama guru sebagai pendidik yang telah mengabdi di dunia pendidikan, artinya tik tetap ada malahan ditingkatkan dari 2 jam menjadi 4 jam atau tik itu sendiri dimekarkan menjadi dua mapel yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi atau kurikulum tik di kembangkan lagi ke arah yang benar atau cara yang lainnya. camkan ini agar tidak menimbulkan korban.

  • korban guru tik

    tik sebagai media pembelajaran, sebagai sarana, semua mapel memakai infocus, pakai slide presentasi, mengumpulkan tugas lewat email, search engine, berbasis tik, berbasis teknologi dan lain sebagainya bukan berarti mapel khusus tik bagi siswa dihapus, ini pemikiran terbalik alias salah pasang, tolong pasang yang benar kalau tidak TURUN SAJA jadi pemerintah, ini bakalan banyak yang korban berjatuhan, tidak menghargai kehormatan guru.

  • guru tik

    kalau pljrn TIK jd di hapus, sy mau ganti profesi aja….

  • arif efendi, skom

    justru sekarang adalah era informasi…kok pelajaran tik dihapus ?
    kasihan anak 2 generasi penerus bangsa kita akan semakin tertinggal jauh dengan negara 2 maju, kita akan menjadi budak 2 negara maju dibidang informasi & teknologi..
    saran saya kalau jadi diganti, ganti saja dengan mata pelajaran yg lebih spesifik yaitu mata pelajaran komputer & informatika…
    apalagi sekarang sekolah yg berbasis RSBI dihapus … bagaimana nasib generasi kita akan datang ? akan semakin jauh tertinggal dengan negara2 lain
    jangan sampai negara kita menjadi jajahan negara 2 maju …

  • Rhye

    Truz q ngajar paan donk klo d hapus.
    Q kuliah 4 thn biaya’y pun g’sdikit.
    Masa cm kyk gni aja.
    Klo mapel TIK d hapus.
    Mending komp n’ jaringan yg ada d indo d ancurin jha sma.
    Jd mentri o bego, klo g’bsa ambil kebijakan mending cangkul sawah jha sana.

  • guru tik

    kalau TIK jd di hapus, sy mau ganti profesi aja

  • deden

    trus LULUS UKG stlh b’juang susah payah buat apa?

  • tegakkan

    SUNGGUH KEBIJAKAN YANG ANEH??
    SAYA SANGAT CURIGA…
    JANGAN-JANGAN MENTERINYA GAK BISA KOMPUTER, JADI BIAR GAK KELIHATAN “KEBODOHANNYA”, MAKA DIILANGIN AJA TUCH TIK NYA… HAHA

  • lulu

    setuju

  • siska

    kalau tik d hapuskan, kita mau kerja apaan? sedangkan basic dan ijazah kita sarjana komputer alias guru komputer, apalagi zaman sekarang teknologi makin canggih dan apapun pekerjaan selalu berhubungan dengan komputer.

  • Robby

    walah emboh………….. MENTRINE “KACAU”. MELAKUKAN PERUBAHAN SAK PENAK UDELE DEWE…….
    LIHAT KONDISI DULU DONK SEBELUM MEMUTUSKAN.

    SBGAI CERMIN >PELAKSANAAN UN JG “KACAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU”
    SEMRAWUT AMBURADULLLLLL

  • Maya

    la iya jangan sampe nanti kurikulum 2013 jg sama semrawute???
    wedeh wedeh….

Iklan Baris
  • HONDA STREAM

    HONDA STREAM,B,Matic’05,Hitam Metalik,Istw,Hub:08179401078…

  • JL TNH L:440m2

    JL TNH L:440m2.SHM.Lok:Baran-Nguter-Skh(150Jt/Ng)087836259048…

  • OperKredit Evalia

    OperKredit Evalia 2014 Putih Sdh 16Ans,GantiUMaja:085867684610…

  • TERIOS TX’2012 Hitam AD

    TERIOS TX’2012 Hitam AD Asli Istimewa Hub:082243969733…

  • DIBUTUHKAN DESAIN Grafis

    DIBUTUHKAN DESAIN Grafis Iklan Promo Property,Gaji,Bonus & FeeSegera Daftarkan ke E-mail:eris_endangryati…

  • TANAH PGR Jl.Solo-Byl

    TANAH PGR Jl.Solo-Byl Dpn POM Teras L:35m2 H:081228061005…

  • JUAL TNH Kapling

    JUAL TNH Kapling Cck U/Hunian, Dodokan Gede Salakan Pengging Ls:115m,50Jt.Hub:0858 7652 6617…

  • DIJUAL MESIN Offsed

    DIJUAL MESIN Offsed Adas Dominan Seri 514 Area Cetak 50×36 Hrg Murah Hub:081393201536…

  • L:1200m LD

    L:1200m LD:45m Krajan,& L:600m LD:20m Kepatihan:087835355660…

  • JL TNH Strtgs Cck U/Usaha

    JL TNH Strtgs Cck U/Usaha,JantiKltn Ls:1826m,Kring 500m,Sdh Pondasi&Urug 1,4m:0813 29 533 633…


Iklan Baris
Menarik Juga »