Ricky Subagja Beri Pelatihan Atlet Usia Dini

Ricky Subagja (Antara)Ricky Subagja (Antara)

SURABAYA--Juara ganda putra Olimpiade 1996 Ricky Subagja memberikan klinik pelatihan singkat kepada ratusan atlet usia dini yang mengikuti kejuaraan bulu tangkis Sinar Dunia Cup 2012 di GOR Sudirman Surabaya, Selasa (27/11/2012).

Pelatihan diberikan usai pembukaan kejuaraan tahunan tingkat pelajar yang dilakukan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan dihadiri Direktur Corporate Affairs and Communication PT Asia Pulp & Paper (produsen buku tulis Sinar Dunia) Suhendra Wiriadinata.

Pada kesempatan itu, Ricky Subagja yang menjadi juara Olimpiade saat berpasangan dengan Rexy Mainaky, memberikan beberapa teknik dasar permainan bulu tangkis, seperti cara memegang raket yang benar, posisi kaki, servis, dan teknik memukul.

“Pembinaan atlet mulai usia dini sangat penting, karena dari mereka inilah akan lahir pemain-pemain potensial di masa depan. Yang penting lagi program pembinaannya berkelanjutan,” kata Ricky usai pelatihan.

Ia mengakui, prestasi pebulu tangkis Indonesia di kancah internasional dalam beberapa tahun terakhir memang sedang menurun, padahal jumlah kejuaraan yang ada di dalam negeri sangat banyak dan pembinaan klub juga jalan.

“Untuk mengangkat kembali prestasi bulu tangkis kita, pola pembinaan yang sudah ada saat ini harus terus dibenahi dan ditingkatkan. Kita masih memiliki banyak bibit-bibit pemain potensial,” tambah Ricky Subagja yang kini dipercaya menangani bidang Humas dan Sosial Media PB PBSI.

Ia menambahkan, kejuaraan usia dini dan pelajar seperti Sinar Dunia Cup merupakan salah satu ajang untuk menjaring bibit pemain berbakat dari daerah, namun penyelenggaraannya harus berkelanjutan.

Senada dengan Ricky, Wakil Gubernur yang juga mantan Ketua Umum KONI Jatim Saifullah Yusuf juga menyatakan prihatin dengan merosotnya prestasi bulu tangkis Indonesia akhir-akhir ini.

Kendati demikian, ia optimistis kejayaan bulu tangkis Indonesia yang sebelumnya selalu membawa harum nama bangsa dan negara di berbagai even internasional, bisa kembali berkibar melalui pola pembinaan yang lebih bagus.

“Kita harapkan dari kejuaraan-kejuaraan seperti ini bisa menemukan bakat pemain potensial seperti Rudy Hartono, Liem Swie King, Ricky Subagja atau Taufik Hidayat,” ujarnya.

Direktur Corporate Affairs and Communication PT Asia Pulp & Paper, Suhendra Wiriadinata, selaku penyelenggaran kejuaraan Sinar Dunia Cup, menambahkan, even tingkat pelajar ini merupakan salah satu upaya perusahaannya untuk membantu pembinaan bulu tangkis di Tanah Air.

“Bulu tangkis merupakan olahraga sangat populer di Indonesia dan memiliki sejarah prestasi luar biasa di tingkat dunia. Kami ingin berkontribusi untuk ikut menghasilkan atlet-atlet bulu tangkis berprestasi sejak usia muda,” katanya.

Kejuaraan bulu tangkis Sinar Dunia yang berlangsung 27 November hingga 1 Desember 2012, diikuti sekitar 960 peserta yang akan bertanding pada empat kelompok usia, yakni SD kelas 1-2, kelas 3-4, kelas 5-6, dan SMP kelas 7-9.

Editor: | dalam: Raket |
Iklan Cespleng
Menarik Juga ยป