News
Minggu, 25 November 2012 - 06:27 WIB

Escape From Alcatraz: Area Rekreasi Nasional (XVIII)

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - para wisatawan memenuhi lorong-lorong penjara alcatraz yang kini menjadi tujuan wisata andalan San Francisco (google)

para wisatawan memenuhi lorong-lorong penjara alcatraz yang kini menjadi tujuan wisata andalan San Francisco (google)

Sekitar 18 perwira terluka dalam pertempuran itu dan Marinir AS akhirnya dipanggil untuk membantu. Upaya pelarian itu berakhir di hari kedua dengan penemuan mayat Coy, Cretzer, dan Hubbard.

Advertisement

Shockley, Thompson, dan Carnes diadili atas kematian para perwira. Sementara Shockley dan Thompson menerima hukuman mati dan dieksekusi di kamar gas di San Quentin pada Desember 1948, Carnes yang saat itu berusia 19 tahun dijatuhi hukuman seumur hidup yang kedua.

Tak berhenti di situ, upaya pelarian kembali terjadi pada 23 Juli 1956, saat Floyd Wilson menghilang dari pekerjaannya di dermaga. Setelah bersembunyi selama beberapa jam di antara batu-batu besar di sepanjang garis pantai, ia ditemukan dan menyerah.

Kemudian pada 29 September 1958, Harun Burgett dan Clyde Johnson mencoba berenang dari pulau itu namun akhirny Johnson tertangkap di air dan Burgett menghilang dan ditemukan mengambang dua pekan kemudian.

Advertisement

Setelah pelarian fenomenal tiga napi, Morris dan Anglin bersaudara, pelarian terakhir dilakukan John Paul Scott dan Darl Parker pada 16 Desember 1962. Dengan membuat celah pada jeruji jendela dapur, mereka berhasil mencapai pantai, namun akhirnya kembali tertangkap.

Selain sejumlah upaya pelarian yang memperkuat legenda bahwa The Rock “mustahil” tertembus, sejumlah selebriti kriminalitas pernah menghuni sel Alcatraz. Ada Robert Stroud yang dikenal sebagai “Manusia Burung dari Alcatraz”, tokoh mafia Al Capone, George “Machine Gun” Kelly, Alvin “Creepy Karpis” Karpowicz, hingga Rafael Cancel Miranda.

Hampir setahun sejak upaya pelarian terakhir, tepatnya pada 21 Maret 1963, Alcatraz sebagai penjara federal yang pernah menampung 1.033 tahanan itu secara resmi ditutup. Sempat ditinggali suku Indian dari November 1969 hingga Juni 1971, Alcatraz kemudian menjadi bagian dari Area Rekreasi Nasional Golden Gate mulai 12 Oktober 1972 dan kini dikelola oleh National Park Service. (Selesai)

Advertisement

Dari berbagai sumber

Bagian XIX

Advertisement
Kata Kunci : Escape From Alcatraz
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif