Otomotif
Selasa, 20 November 2012 - 00:30 WIB

Vespa 946 Beraura Retro

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Vespa 946

Vespa 946

Produsen motor ikonik Vespa asal Italia bakal memperlihatkan produk terbarunya. Produk ini diklaim sebagai produk masa depan yang diberi nama Vespa 946.

Advertisement

Produk ini merupakan kelanjutan motor konsep bertampang jadul bernama Vespa Quarantasei yang sempat mengejutkan ketika diperlihatkan setahun lalu.

Jika melihat desainnya, Vespa 946 masih mengambil inspirasi dari Vespa Quarantasei. Jadi bila Vespa Quarantasei adalah sebuah motor konsep, Vespa 946 adalah versi produksi dari Vespa Quarantasei tersebut.

Kabarnya, seperti dilansir Detikoto, Selasa (13/11), Vespa 946  segera diperlihatkan pabrikannya di pameran motor EICMA yang akan digelar di Milan, Italia, pada pertengahan November ini.

Advertisement

Yang menarik, kendati mengusung status motor baru, aura retro amat kental pada Vespa 946. Aura retro ini sesuai namanya Vespa 946 yang diperkirakan mengambil inspirasi desain tahun 1946 di mana pada tahun itu Vespa mulai memproduksi skuter.

Inspirasi Vespa 946 kemungkinan besar sama dengan Quarantasei yang mengambil inspirasi dari motor prototipe MP6 buatan 1945 dengan garis desain yang terus melengkung dan membulat seperti model motor Vespa pada umumnya.

Motor ini didesain di Vespa Pontedera Style Center. Garis desainnya tetap mengikuti bahasa desain yang selama ini selalu dipertahankan Vespa.

Advertisement

Lekukan khas Vespa tersebut dapat dilihat mulai dari bagian depan sayap, samping hingga ke belakang. Hanya saja bahan untuk motor ini tak lagi besi namun menggunakan aluminium.

Tentunya bukan tanpa alasan menggunakan bahan alumunium. Tujuannya untuk menjaga bobot kendaraan agar tetap ringan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat efisiensi kendaraan.

Soal mesin, Vespa 946 akan mengusung mesin Piaggio dengan three-valve air-cooled berkapasitas 125 cc.

Piaggio mengklaim mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sampai 11,7 hp di putaran mesin 8.250 rpm dan torsi 7,6 lb-ft di 7.000 rpm.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif