News
Senin, 19 November 2012 - 16:17 WIB

BANJIR JAKARTA: Jokowi Sebut Bukan Dewa

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Foto: Dokumentasi)

Joko Widodo (Foto: Dokumentasi)

JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan persoalan banjir bukan soal membalikan tangan perlu kerja keras dan keterlibatan semua pihak.

Advertisement

Pernyataan Jokowi ini setelah menjawab pertanyaan wartawan tentang banjir yang terjadi di beberapa daerah di Jakarta Timur akibat hujan yang terus mengguyur Jakarta beberapa hari ini.

Lebih lanjut, Joko Widodo mengaku permasalahan banjir di Jakarta tidak dapat serta merta diselesaikan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu dirinya berharap agar semua pihak dapat bersabar dan mampu memahami apa yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

“Namanya penanganan banjir itu perlu proses yang tidak sebentar, jadi jangan mengharapkan saya seperti dewa yang hanya membalikkan telapak tangan lalu masalah selesai,” ujar Jokowi di Balai Kota, Senin (19/11/2012).

Advertisement

Menurut Jokowi untuk saat ini pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi mengenai ancaman banjir seperti melakukan aksi kerja bakti, melakukan pengerukan selokan disejumlah titik dan perkampungan serta mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali.

Sementara untuk jangka panjangnya Jokowi menjelaskan jika masalah banjir memang masih banyak yang harus diselesaikan. Terutama sejumlah pemanfaatan dan penyelesaian proyek-proyek untuk mengantisipasi banjir.

“Untuk jangka panjangnya tentu akan kita maksimalkan fungsi dari Kanal Banjir Timur (KBT), Cengkareng Drain, normalisasi Kali Pesanggrahan serta membelokkan aliran air ke Waduk Ciawi,” tambah Jokowi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif