Kamis, 15 November 2012 09:15 WIB R. Fitriana/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

UMP JAKARTA 2013
Forum Buruh Sambut UMP Rp2,2 Juta

JAKARTA–Kesepakatan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta 2013 disepakati Rp2.216.243 atau 112% dari Kebutuhan Hidup Layak (KHL) mendapat respons positif dari kalangan buruh.

Menurut Muhamad Rusdi, Anggota Forum Buruh DKI Jakarta, keputusan Dewan Pengupahan itu disambut baik oleh para pekerja/buruh setempat.

“Kenaikan UMP lebih tinggi 12% dari KHL didasarkan pada proyeksi inflasi tahun depan sebesar 4,9% ditambah dengan pertumbuhan DKI Jakarta yang sekitar 6,7%,” ujarnya, Rabu (14/11/2012).

Dia menjelaskan kenaikan tersebut cukup signifikan dalam enam tahun terakhir yang UMP setempat senantiasa dibawah angka survei KHL yang berkisar pada 81%, 84%, dan 92%.

Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu menambahkan sebagai ibukota negara, UMPP DKI Jakarta masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan di Malaysia, Thailand apalagi Singapura, Korea Selatan, dan Jepang.

“Bagi pengusaha UKM [usaha kecil menengah] yang tidak sanggup membayar UMP itu dapat menangguhkan pemberlakuannya dengan menyampaikan kondisi keuangan perusahaan dalam 2 tahun terakhir,” ungkap Rusdi.

Menurut dia, tanpa pengajuan keberatan itu maka tidak ada alasan bagi pengusaha untuk membayar upah dibawah UMP yang sebesar Rp2.216.243.

lowongan kerja
lowongan kerja AKADEMI TEKNOLOGI WARGA SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…