Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS) Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)
Rabu, 14 November 2012 08:46 WIB Asep Dadan Muhanda/JIBI/Bisnis Indonesia Pendidikan Share :

Kurikulum Pelajaran Baru Diluncurkan Juni 2013

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Pemerintah menyiapkan kurikulum pelajaran baru untuk  SD, SMP, SMA dan SMK mulai tahun ajaran 2013 yang akan menggantikan kurikulum 2006.

Kurikulum baru ini tengah dirancang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional dan sudah disetujui Wakil Presiden Boediono.

Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik yang terintegrasi di setiap mata pelajaran.

“Kita sepakat saja bahwa Juni 2013 akan menjadi momen baru kita menyiapkan anak-anak kita untuk masa depan dengan cara yang baru,” kata Wakil Presiden Boediono seperti dikutip laman resmi wapres, Rabu (14/12/2012).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh sudah memberikan presentasi kepada Wapres mengenai kemajuan pengembangan kurikulum 2013 antara lain tentang filosofi dasar serta tujuan yang ingin dicapai.

M.Nuh juga memaparkan perbandingan antara kurikulum 2006 dan pengembangan kurikulum 2013 yang sedang dipersiapkan.  Salah satu ciri kurikulum 2013 untuk SD adalah  mata pelajaran IPA dan IPS akan menjadi materi pembahasan di semua mata pelajaran.

Prosesnya, tema-tema yang ada di dua mata pelajaran itu diintegrasikan kepada enam mata pelajaran yang akan menjadi muatan pelajaran SD. Yakni Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Olahraga-Kesehatan serta Seni-Budaya.

lowongan kerja
lowongan kerja MUHAMMADIYAH PK KOTTABARAT, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…