Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image) Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)
Selasa, 13 November 2012 15:37 WIB Newswire/JIBI/Kabar24.com Tak Berkategori Share :

Duh, Kopi Diramalkan Punah pada 2080

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

JAKARTA—Kopi diramalkan akan punah pada 2080. Peneliti Inggris di Royal Botanic Gardens menerbitkan penelitian mereka PLOS ONE yang menyatakan bahwa perubahan iklim akan mempengaruhi penanaman kopi Arabica liar di Afrika Timur.

Arabica mensuplai 70% persediaan kopi dunia. Abstrak dari penelitian itu mengatakan, “Berdasarkan peristiwa dan toleransi ekologi dari Arabica, ketidakcocokan bioclamatik akan menempatkan populasi dalam bahaya, menuntun ke stress yang parah dan risiko kepunahan yang tinggi.”

“Kopi Arabica dikonfirmasi sebagai spesies yang peka terhadap iklim, data pendukung dan gangguan bahwa pertanian yang ada akan secara negatif dipengaruhi oleh perubahan iklim.”

Penelitian tersebut meramalkan bahwa pada 2080 bahwa jumlah kecocokan bioclimat untuk pertumbuhan kopi liar akan berkurang sampai 65-100%.

Kopi saat ini merupakan komoditas perdagangan terbanyak kedua setelah minyak.

PT. ABRAR TUJUH BERSAUDARA ISLAMI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Jangka Kamardikan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (15/8/2017), karya Bandung Mawardi dari Bilik Literasi. Alamat e-mail bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Setahun setelah peristiwa bersejarah, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, terbit buku berjudul Djangka Djajabaja Sempoerna dengan Peristiwa Indonesia Merdeka garapan…