DUTA WISATA JATENG 2012
Putera Puteri Solo Maju Berbekal Tari Jamu Gendong

Pasangan Putra-Putri Solo 2012, Eri Dwi Cahyanto dan Ratih Kusumadewi berfoto di RM Omah Sinten, Solo, Senin (12/11/2012). Keduanya akan maju dalam pemilihan Mas dan Mbak Jateng 2012. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)Pasangan Putra-Putri Solo 2012, Eri Dwi Cahyanto dan Ratih Kusumadewi berfoto di RM Omah Sinten, Solo, Senin (12/11/2012). Keduanya akan maju dalam pemilihan Mas dan Mbak Jateng 2012. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Putera dan Puteri Solo (PPS) 2012, Ratih Kusumadewi dan Eri Dwi Cahyono bakal ke Semarang untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2012. Selama dua hari keduanya mengikuti karantina, tes tertulis dan wawancara Bahasa Inggris, sebelum maju ke grand final pemilihan Duta Wisata Jateng 2012 pada, Jumat (16/11/2012) malam, di Hotel Horison Semarang.

Sebelum grand final, keduanya bakal membawakan tarian kreasi jamu gendong yang ditampilkan saat ajang pentas seni yang akan diadakan pada, Kamis (15/11/2012) malam. Tarian jamu gendong merupakan tarian kreasi dengan gerakan tari Jawa ditambah sedikit drama. Dalam pentas berdurasi lima menit itu, Ratih mengambil peran sebagai penjual jamu, sedangkan Eri berlaku sebagai seorang pembeli.

Saat tampil, keduanya bakal membawakan pakaian dengan kain batik jumputan. Sementara, saat grand final, keduanya akan mengenakan pakaian beskap Jawa jangkep. “Nanti Eri memakai kain jumputan sebagai jarit. Kalau saya memakai baju batik,” ucap Ratih saat jumpa pers di Omah Sinten, Senin (12/11/2012). Ratih menambahkan jamu gendong sengaja dipilih sebagai ikon pentas seni mereka agar keduanya bisa sekaligus mempromosikan minuman tradisional tersebut. Selain itu, mereka juga ingin menampilkan pentas seni yang berbeda dengan PPS sebelum-sebelumnya. “Biasanya hanya menyanyi atau menari. Kami ingin mengkolaborasikan antara tarian dan drama agar beda,” tambahnya.

Selain membawakan tarian jamu gendong, keduanya akan mengambil tema tentang potensi wisata Jawa Tengah sebagai tema utama pada tes presentasi. Menurut Eri Jateng memiliki potensi wisata yang luar biasa, namun pemanfaatannya kurang maksimal. Sedangkan duta wisata memiliki tugas wajib untuk mengembangkan potensi tersebut. “Yang akan kami angkat nanti tentang peran duta wisata untuk menyongsong visit Jateng 2013,” tambah Eri.

Keduanya optimistis bakal memenangi ajang yang memperebutkan gelar Mas dan Mbak Jateng tersebut dengan mengalahkan 35 pasang lainnya yang berasal dari sejumlah kabupaten kota di Jawa Tengah. “Target utama kami tentunya meraih juara pertama, ya kami mohon dukungannya kepada masyarakat Solo,” ucap Eri.

Editor: | dalam: Issue |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »