Soloraya
Minggu, 11 November 2012 - 12:32 WIB

2013, PDAM Wonogiri Siapkan Air Baku di 6 Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Sari Wonogiri akan menyiapkan sumber air baku bagi warga di enam kecamatan di kabupaten setempat pada 2013.

Advertisement

Upaya yang memakan anggaran hampir Rp40 miliar tersebut dipastikan akan menambah cakupan pelanggan PDAM hingga ribuan pelanggan baru.

Direktur PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri, Suharno, mengatakan enam kecamatan yang tengah disiapkan menerima pelayanan air PDAM adalah Kecamatan Wuryantoro, Eromoko, Nguntoronadi, Purwantoro, Baturetno dan Girimarto.

“Tahun 2013, kami menyiapkan tiga IKK [instalasi kota kecamatan] dan dua sumur air dalam untuk menyediakan air baku bagi pelanggan di enam kecamatan itu,” jelas Suharno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (11/11/2012).

Advertisement

Dia menerangkan pembangunan tiga IKK menggunakan dana dari pemerintah pusat senilai Rp25,96 miliar. Angka itu diperinci Rp15,31 miliar untuk IKK Wuryantoro yang menyediakan air baku bagi warga Kecamatan Wuryantoro serta Eromoko, dan Rp10,65 miliar untuk IKK di Purwantoro.  Sedangkan pembangunan dua sumur dalam akan dilaksanakan di Kecamatan Baturetno dan Girimarto. Suharno tidak menyebut nilai anggaran untuk dua sumur dalam tersebut, namun dia memastikan anggaran pembangunan menggunakan modal PDAM sebagai bagian pengembangan perusahaan.

Suharno melanjutkan dengan terbangunnya tiga IKK dan dua sumur pada tahun depan, jumlah pelanggan PDAM yang saat ini mencapai 26.126 pelanggan berpeluang tumbuh menjadi sekitar 30.000 pelanggan. Tambahan pelanggan tersebut diharapkan dia mampu menggenjot nilai pendapatan perusahaan daerah ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif