Solopos-fm
Senin, 5 November 2012 - 07:11 WIB

Figur Capres alternatif

Redaksi Solopos.com  /  Ariyanto Mahardika  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (transtvnews.blogspot.com)

(transtvnews.blogspot.com)

[SPFM], Pemilihan Presiden masih sekitar 2 tahun lagi. Namun geliat politik di Indonesia sudah mulai terasa. Selain persiapan sejumlah partai politik, yang terus menggodog kader terbaiknya, sejumlah tokoh alternative calon Presiden 2014 juga terus bermunculan. Uniknya, nama-nama kandidat calon pemimpin itu justru tidak berasal dari partai-partai besar. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, dari politisi, ekonom, praktisi hukum sampai seniman. Adalah nama-nama yang sudah lama digadang-gadang untuk menjadi kandidat Capres seperti mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Dahlan Iskan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sampai Gubernur DKI Joko Widodo. Nah, yang terbaru dan cukup mengejutkan adalah munculnya nama seniman Rhoma Irama.

Advertisement

Adalah pendukung Rhoma Irama yang tergabung dalam Soneta Fans Club Indonesia (SFCI) yang mengajukan penyanyi berjuluk raja dangdut itu sebagai calon presiden pada pemilu mendatang. Figur seniman itu diyakini mampu menjadi pemimpin besar dan membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Meskipun peluangnya sangat berat, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan, munculnya nama Rhoma Irama sebagai calon presiden 2014 adalah sesuatu yang wajar. Karena semua Warga Negara Indonesia mempunyai hak memilih dan dipilih. Fenomena artis yang digadang-gadang menjadi Capres ini bukan pertamakalinya. Sebelumnya sempat muncul pula nama Iwan Fals untuk menjadi calon presiden 2014.

Kemunculan nama-nama Capres alternative dari kalangan artis ini menjadi bumbu yang menarik ditengah mulai memanasnya suhu perpolitikan di tanah air. Terutama, hingga saat ini sejumlah Parpol besar tampak kesulitan mencari figure yang cocok menjadi capres. Disisi lain, rakyat juga tampak jenuh dengan sosok-sosok politisi yang selama ini dinilai kurang amanah dan bermasalah.

Bagaimana Anda memandang fenomena artis yang dicapreskan? Betulkah ini merupakan bukti bahwa rakyat Indonesia sudah jenuh dengan sosok Capres dari kalangan politisi yang seringkali tersandung masalah?

Advertisement

Lalu, betulkah Indonesia kekurangan sosok Capres yang dianggap mumpuni memimpin negeri ini?

Siapa menurut Anda Capres alternative yang layak diusung pada Pemilu 2014?

Sampaikan pendapat, komentar, dan pengalaman Anda melalui Dinamika 103 edisi Senin (05/11) pukul 08.10-10.00 WIB dengan mengirim SMS ke 0817444103, 081226103103, atau telepon [0271] 739389, 739367. [SPFM/dtp]

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Alternatif Capres Figur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif