Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja) Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)
Minggu, 4 November 2012 16:28 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Ekonomi Share :

Mulai 1 Desember, Harga Tiket Kereta Jauh-Dekat Sama

Ilustrasi (JIBI/harian Jogja/dok)

JOGJA—Per 1 Desember mendatang, harga tiket kereta api jarak jauh dari Daerah Operasional (Daops) VI Jogja-Solo diberlakukan satu tarif. Besaran  harga tiket tidak lagi menyesuaikan  pendek atau panjangnya jarak tempuh perjalanan kereta.

Pelaksana Harian Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Jogja, Kuswardojo menyatakan, tarif tunggal atau singel tarif  diberlakukan untuk semua kereta jarak jauh yang berangkat dari Daops VI, selain kereta komuter seperti Prambanan Ekspres (Prameks) atau Maguwo Ekspress yang melayani rute jarak dekat.

Dengan kebijakan single tarif tersebut, penumpang harus membayar harga tiket penuh kendati penumpang turun bukan di stasiun terakhir.

“Selama ini, naik kereta Sri Tanjung, jurusan Jogja-Banyuwangi. Harusnya misalnya tiketnya Rp20.000. Tapi karena penumpang hanya turun di Surabaya jadi nggak bayar penuh  hanya Rp10.000. Dengan tarif tunggal ini, mau turunya di mana pun kalau naik kereta Sri Tanjung ya bayarnya  tetap Rp20.000,” terang Kuswardojo, Minggu (4/11/2012).

Pemberlakuan kebijakan tersebut  alasanya untuk memberikan kepastian harga tiket kepada penumpang. Selama ini, pemberlakuan tarif berbeda-beda tergantung jarak tempuh membuat vendor penjualan tiket seperti toko ritel berjejaring bingung menentukan harga.

“Vendor luar jadi lebih  mudah ngatur harga, ada kepastian harga karena dekat jauh harga tiket sama,” ujarnya.

Tak hanya vendor yang mengeluhkan persoalan tarif tiket yang berbeda-beda tersebut. penumpang kata Kuswardojo juga pernah protes kenapa tarif tiket berbeda-beda. Selain sejumlah persoalan tersebut, selama ini lanjutnya, banyak penumpang yang mengeluh karena tiket kereta jarak jauh sudah habis terjual. Padahal yang membeli kebanyakan turun tak sampai di stasiun terakhir tapi mereka justru membeli tiket kereta jarak jauh.

Karena itu ia menyarankan, penumpang yang hendak menempuh perjalanan jarak dekat seperti ke Solo, atau Madiun misalnya jangan menggunakan kereta jarak jauh kendati kereta ini juga turun di stasiun yang dituju, sebab harga tiketnya pasti lebih mahal.

“Sebaiknya kalau ke Solo ya naik Prameks, jangan pakai Sri Tanjung. Atau kalau ke Madiun pakai KA Madiun Jaya jangan naik Sri Tanjung harga tiketnya lebih mahal,” lanjutnya.

Terkait harga tiket, Kuswardojo memastikan, perbedaan harga tiket antara yang dijual di loket stasiun dengan di vendor seperti toko berjejaring, Kantor Pos maksimal hanya Rp10.000 tak boleh lebih dari itu.

Iklan Baris
  • AYLA 2015

    AYLA X Manual’2015,Hitam,AD Asli,97Jt Nego:087836352908…

  • Lowongan Waitress & Cook

    CARI WAITER/Waitress,Cook,Untuk Rest baru di Solo.Hub: 0271 – 725717…

  • Lowongan Admin Keuangan

    BUTUH : KEUANGAN Syarat : Muslimah Mengerti Laporan Keuangan/Pajak Punya Motor Kirim Data Pribadi Via email :…

  • SUZUKI PU’1983

    JUAL SUZUKI PU’1983 casis + mesin oke.kaleng.AD Karananyar. Harga: 13.5jt Hub:085100065102…

  • Lowongan ADM

    DICARI : ADMINISTRASI Gudang, Min SMK Akutansi, Wanita,Kirim Lamaran : Jl.Industri Kutu No.83,Telukan,Grogol,S…

  • Lowongan Sales

    DIBUTUHKAN SALES Freelance,Fasilitas : Gaji & Uang Transport. Kirim Lamaran Lengkap ke : Bagian Sirkulasi…

  • Grand Livina’2010

    GRAND LIVINA Istimewa.Manual SV’2010,Abu2.B,111jtNg:087812720838…

  • GRAND MAX’2014

    GRAND MAX’2014 Box Almunium,Putih,Istimewa,Harga:75Juta/Nego Hub : 08121517888…

Leave a Reply


PROMO SPESIAL
Hem Parang Daun
Hem Citra Budaya
Hem Sumping Hujan
Hem Ron Kates

Kolom

GAGASAN
Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…

Switch to mobile version