Jatim
Rabu, 8 Mei 2024 - 16:29 WIB

Nenek Kadiyem, Pencari Kayu yang jadi Calon Jemaah Haji Tertua di Magetan

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kadiyem,94, warga Desa Ngenteb,Kecamatan Kawedanan menjadi CJH tertua di Kabupaten Magetan pada Haji 2024 ini, Rabu(8/5/2024).(Solopos.com/Yoga Adhitama)

Solopos.com, MAGETAN – Calon jemaah haji (CJH) bernama Kadiyem asal Desa Ngenteb, Kecamatan Kawedanan menjadi CJH tertua di Kabupaten Magetan pada musim haji 2024 ini. Kadiyem diketahui akan diberangkatkan pada usianya yang menginjak 94 tahun.

Menurut jadwal, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Magetan akan memberangkatkan sejumlah 440 calon haji asal Magetan pada 15 Mei mendatang melalui Embarkasi Surabaya. Salah satu yang diberangkatkan adalah nenek Kadiyem yang saat ini telah berusia senja.

Advertisement

Wanita renta yang kesehariannya beraktivitas sebagai pencari kayu di pekarangan rumah ini mengaku senang bisa berangkat haji tahun ini. Menurutnya, ia mendaftarkan diri untuk pergi ke Tanah Suci sejak 2018 lalu.

Kadiyem berangkat menunaikan Rukun Islam ke-5 ini tidak sendirian. Melainkan ditemani oleh anaknya, Kartini, yang saat ini menginjak usia 64 tahun.

Advertisement

Kadiyem berangkat menunaikan Rukun Islam ke-5 ini tidak sendirian. Melainkan ditemani oleh anaknya, Kartini, yang saat ini menginjak usia 64 tahun.

“Sudah lama saya ingin naik haji. Saya senang bisa naik haji dan alhamdulilahnya bisa berangkat tahun ini bersama anak saya,” katanya, Rabu (8/5/2024).

Meskipun nenek Kadiyem saat ini kondisinya renta, namun dia mengaku masih bugar lantaran kesehariannya sebagai petani dan pencari kayu justru yang menjadikan bugar di masa tuanya. Hal ini karna terbiasa kerja keras. Untuk mempersiapkan keberangkatan menunaikan ibadah haji ini, Kadiyem mengaku rutin berolahraga setiap pagi dengan berjalan kaki di pelataran rumahnya.

Advertisement

Selain itu, berbagai perlengkapan kebutuhan haji juga sudah diterima Kadiyem. Seperti koper, paspor, baju ikhram dan perlengkapan haji lain yang nantinya akan digunakan untuk beribadah haji ke Baitullah.

Selain Kadiyem, sebanyak 439 calon haji lain di Kabupaten Magetan juga tengah bersiap untuk melakukan perjalanan haji. Rencananya mereka akan diberangkatkan dari Pendopo Surya Graha Magetan menuju Embarkasi Surabaya bergabung dengan ribuan CJH asal daerah lain di Jawa Timur.

Pj Bupati Magetan, Hergunadi, berpesan untuk para calon jemaah haji agar selalu menolong antara jemaah lainnya supaya lancar dalam beribadah di Tanah Suci. Hergunadi juga mendoakan, agar para calon haji ini menjadi haji mabrur sehingga bisa menjadi contoh bagi semua.

Advertisement

”Tolong jaga kekompakan, kesehatan saling menolong antar sesama jemaah dan semoga menjadi haji yang mabrur, sehingga setelah pulang ke Indonesia menjadi contoh bagi kita semua, bisa menjadi teladan bagi masyarakat, ” katanya.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif