News
Rabu, 31 Oktober 2012 - 13:28 WIB

Pekan Depan, BK DPR Panggil Dahlan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Kendati tengah menjalani masa reses, Badan Kehormatan (BK) DPR memastikan akan memanggil Menneg BUMN, Dahlan Iskan pekan depan guna mengungkap siapa saja  anggota Dewan yang kerap memeras perusahaan milik negara sebagaimana diisukannya.

Kepastian itu disampaikan Ketua BK DPR, Muhammad Porakosa dalam keterangan singkatnya kepada wartawan, Rabu (31/10/2012). Prakosa pun menyebutkan bahwa pimpinan DPR sudah setuju dengan rencana itu.

Advertisement

“Besok alat kelengkapan Dewan ini akan menggelar rapat untuk menentukan hari pertemuan dengan Dahlan. Pimpinan DPR memberi respons sangat setuju dengan rapat di masa reses itu,” ujarnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, jika Dahlan mengungkap nama-nama yang dimaksud maka BK akan mengambil tindakan terhadap para anggota Dewan itu. Pasalnya, BK tidak bisa menelusuri informasi yang sumbernya tidak jelas, seperti pesan singkat yang menyebutkan sejumlah inisial nama anggota DPR pemeras.

“Kami akan cari dari sumber kompeten. Kita akan minta Dahlan bilang nama dan komisinya,” ujar Prakosa.

Advertisement

Hingga kini, mantan Dirut Perusahaan Listrik Negara itu masih bungkam soal nama 10 orang DPR yang meminta upeti kepada BUMN. Dahlan mengaku akan mengungkapkan ini semua jika diminta DPR.

Akibat sikap Dahlan itu, sejumlah anggota DPR meradang dan mendesak Dahlan untuk segera mengungkap nama-nama tersebut. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Harry Azar Azis bahkan menyebutkan jika Dahlan tidak punya bukti-bukti yang kuat maka Dahlan bisa dipenjara.

Menurutnya, jika Dahlan main tuduh dan fitnah maka individu yang disebut namanya tersebut akan dirugikan. Namun, jika Dahlan mempunyai bukti dan data yang kuat, maka ini akan langsung diurus oleh Dewan Kehormatan DPR.

Advertisement

Politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo sebelumnya mendesak bagian Humas Kemenneg BUMN untuk segera membeberkan nama-nama anggota DPR yang disebut pemeras tersebut. Pasalnya, Bambang merasa tidak nyaman karena salah satu inisial yang disebutkan, yakni BS, bisa diartikan sebagai namanya.

Bambang menyebutkan ada tiga nama yang berinisial BS, yakni Bambang Soesatyo, Budi Supriyanto, dan Bambang Sutrisno.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif