Karakter Disney dalam Balutan Batik Keris

Salah satu tamu melihat koleksi batik Disney Keris yang dipamerkan dalam re-launching Batik Keris Disney, Selasa (30/10/2012) di Executive Lounge, Royal Ambarrukmo Hotel. (Holy Kartika NS/JIBI/Harian Jogja)Salah satu tamu melihat koleksi batik Disney Keris yang dipamerkan dalam re-launching Batik Keris Disney, Selasa (30/10/2012) di Executive Lounge, Royal Ambarrukmo Hotel. (Holy Kartika NS/JIBI/Harian Jogja)

JOGJA—Batik Keris tampilkan koleksi batik yang dinamis dengan menampilkan sejumlah karakter Disney, Selasa (30/10/2012) di Executive Lounge, Royal Ambarrukmo Hotel. Paduan batik dengan tokoh Mickey Mouse, Minny Mouse dan teman-temannya ini hadir dalam balutan dress hingga t-shirt bagi anak-anak dan remaja.

Desainer Batik Keris Djoko Rahardjo mengatakan koleksi terbaru dari batik ini merupakan kerjasama yang membanggakan antara Walt Disney dan Batik Keris.

“Disney Keris ini merupakan kerjasama antara kami dengan pihak Disney. Mereka sangat merespon baik warisan budaya Indonesia ini dan batik ini sebenarnya sudah dilaunching Juli lalu di Jakarta, tapi kemudian kami hadirkan kembali,” ujarnya.

Djoko mengaku proses kerjasama dengan pihak Walt Disney tidaklah mudah. Negosiasi untuk menampilkan paduan seni modern dan tradisional harus memakan waktu hampir dua tahun.

“Kami menempuh negosiasi yang panjang. Dari Disney sendiri sempat melihat beberapa produsen batik, tapi akhirnya menjatuhkan pilihan kepada kami. Ini sangat membanggakan karena Batik Keris menjadi satu-satunya produsen batik yang ditunjuk dalam kerjasama ini,” jelasnya.

Membawa batik sebagai warisan budaya yang sudah diakui dunia ke ranah yang lebih tinggi merupakan wujud komitmen dari Batik Keris. Menurutnya bentuk apresiasi terhadap warisan budaya ini pantaslah dikenalkan lebih luas lagi.

“Batik Disney ini hanya satu di Indonesia, dan semua motif batik klasik di Indonesia di mix dengan karakter Disney seperti Minnie, Mickey, Goovy,” pungkas Djoko.

Editor: | dalam: Women |

Berita Terkait

Menarik Juga »