Entertainment
Selasa, 30 Oktober 2012 - 20:30 WIB

FENOMENA BUNUH DIRI DI KOREA: Seleb Tewas, Penggemar Tak Bersemangat Hidup

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jung Ah Yool

Jung Ah Yool

SOLO–Budaya di Korea Selatan turut memicu tingginya angka bunuh diri di negara itu, terutama di kalangan artis.  Budaya Korea yang cenderung tertutup juga membuat para selebritas itu malu jika ketahuan publik saat pergi ke konseling atau sedang mengalami depresi.

Advertisement

“Tiga tahun lalu, seorang penyanyi di agensi kami menunjukkan gejala depresi. Dia menolak keluar rumah karena dirinya sedang digosipkan di internet. Dia juga tidak mau mendapat bantuan psikiater karena takut hal itu akan menciptakan lebih banyak gosip tentangnya,” kata seorang CEO agensi artis yang enggan disebutkan namanya.

Yang mengkhawatirkan, banyaknya kasus bunuh diri di kalangan selebritas menimbulkan kecenderungan serupa di kalangan artis sendiri dan penggemar mereka. Setelah aktris Lee Eun Joo meninggal bunuh diri pada 2005, tingkat bunuh diri di kalangan industri hiburan Korea meningkat tajam. Masalah yang lebih besar muncul ketika dampak bunuh diri selebriti ini juga menimpa penggemarnya.

“Ketika artis terkenal bunuh diri, orang yang biasanya mengidolakan mereka jadi tidak punya alasan untuk hidup. Karena itu mereka ikut merenggut nyawa mereka sendiri Ketika seorang selebritas bunuh diri. Pemikiran semacam itu menyebar dan benar-benar meningkatkan angka bunuh diri di Korea. Itulah mengapa fenomena artis bunuh diri lebih mengkhawatirkan,” kata Oh Kangsub, seorang psikiater di RS Kanbuk Samsung dilansir asiangrup.com, belum lama ini.

Advertisement

Sebagai langkah antisipasi, pemerintah Korea gencar menggalakkan program konseling di banyak rumah sakit untuk membantu para warga yang depresi. Meski tidak ada data statistik yang akurat, selebritis Korea tampaknya lebih rentan untuk bunuh diri dibanding artis-artis Amerika, Eropa, atau Jepang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif