News
Selasa, 30 Oktober 2012 - 09:51 WIB

BENTROKAN LAMPUNG: Presiden Instruksikan Kepedulian Semua Pihak

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Susilo Bambang Yudhoyono (JIBI/Bisnis Indonesia)

Susilo Bambang Yudhoyono (JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan semua pihak bertanggungjawab dan peduli, guna menghindari terulang kembalinya aksi kekerasan horizontal termasuk di Lampung.

Advertisement

Kepala Negara mengatakan  jangan hanya menyerahkan penyelesaian masalah tersebut kepada aparat  kepolisian dan komando teritorial TNI.

“Sejumlah aksi kekerasan horizontal yang terjadi  di beberapa tempat di Indonesia, yang terakhir di Lampung. Saya menyerukan semua pihak harus ikut bertanggung jawab,  peduli, dan bekerja,” kata Presiden Yudhoyono pada pers di Halim Perdanakusuma sebelum pesawat yang membawanya beserta rombongan lepas landas menuju London hari ini, Selasa (30/10/2012).

Yudhoyono menilai dengan adanya tanggung jawab dan kepedulian semua pihak, menjadi cara yang efektif untuk menangkal terjadinya kekerasan horizontal. Dengan bersama bekerja mengatasi masalah tersebut, maka dinilai akan menjadikan upaya penanggulangannya lebih optimal.

Advertisement

“Hanya dengan cara itu kita bisa mencegah secara lebih optimail dan lebih efektif,” kata SBY.

Sementara itu di tempat yang sama, menjawab pertanyaan wartawan, Menkopolhulam Djoko Suyanto mengatakan agar para tokoih agama ikut meredam terjadinya konflik. Djoko juga mengimbau  tokoh masyarakat, pemerintah daerah termasuk gubernur, bupati juga berperan dalam mengatasi masalah tersebut.

“Gubernur, bupati, tokoh masyarakat juga bisa ikut meredam konflik,” kata Djoko.

Advertisement

Seperti diketahui, bentrokan warga terjadi di Desa Sidoreno, kecamatan Way Panji antara warga setempat melawan beberapa kampung dari kecamatan Kalianda, Lampung Selatan baru-baru ini. Akibatnya sejumlah orang tewas, dan  luka berat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif