Ilustrasi Ilustrasi
Kamis, 25 Oktober 2012 00:30 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS Boyolali Share :

KASUS LAPTOP BOYOLALI
Hari ini Dewan Galang Hak Angket

Ilustrasi

BOYOLALI–Hak angket atau hak penyelidikan dari anggota DPRD Kabupaten Boyolali terkait pengadaan laptop bagi guru-guru besertifikasi di wilayah Kota Susu tersebut, direncanakan mulai digalang, Kamis (25/10/2012).

Hal itu menyusul layangan somasi dari anggota DPRD Boyolali, Thontowi Jauhari, kepada Bupati Boyolali, Seno Samodro, yang tak kunjung dijawab. Demikian dikemukakan Thontowi kepada wartawan, Rabu (24/10).

Insya Allah mulai besok [Kamis ini], saya akan menggalang hak angket, atau hak penyelidikan terkait pengadaan laptop, setelah menunggu jawaban somasi yang tidak kunjung dijawab,” kata Thontowi.

Dijelaskan politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu, sesuai pasal 13 ayat 1 Peraturan DPRD No 2/2010 tentang Tata Tertib, pengajuan hak angket diajukan paling sedikit oleh tujuh anggota yang datang dari lebih dari satu fraksi.

”Dalam pikiran saya, yang akan saya galang dari FPAN [Fraksi PAN] ada enam, Fraksi Nurani Golkar ada sebelas dan ditambah FPKS [Fraksi Partai Keadilan Sejahtera] ada empat. Jadi minimal ada 21 orang. Saya juga akan menyisir dari Fraksi Demokrat dan fraksi lainnya di DPRD, kalau-kalau ada anggotanya yang masih mau membela rakyat,” imbuh dia.

Dimintai tanggapan terkait pengajuan hak angket tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, S Paryanto mengatakan pihaknya mempersilakan jika ada anggota DPRD yang akan mengajukan hal itu.

“Jika memang Pak Thowi akan mengajukan hak angket ya monggo saja. Karena pada dasarnya Pak Thowi juga anggota DPRD. Dan untuk hak angket sendiri memang dimiliki oleh setiap anggota DPRD. Namun untuk penggunaannya, juga sudah ada aturannya,” kata Paryanto.

Ditambahkan Paryanto, untuk bisa menggunakan hak angket, DPRD secara lembaga juga harus memiliki dasar yang kuat. Misalnya, ada laporan secara resmi yang diterima DPRD. Selama ada kejelasan secara riil, menurut dia, pasti akan ditindaklanjuti DPRD.

”Ya kalau memang guru-guru itu keberatan atau itu menjadi sebuah persoalan karena membebani, sampaikan kepada kami sebagai lembaga DPRD, misal secara tertulis. Dengan begitu kami bisa menindaklanjutinya, termasuk jika harus menggunakan hak angket tersebut,” paparnya.

Paryanto mengaku selama ini terus memantau perkembangan masalah pengadaan laptop tersebut. Sejauh penelusurannya, Paryanto mengungkap tidak ada paksaan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) maupun dari kalangan kepala sekolah terhadap para guru untuk membeli laptop tersebut.

”Info yang kami terima, tidak ada edaran [surat edaran] atau perintah bagi guru-guru besertifikasi itu untuk membeli, melainkan hanya penawaran. Tidak membeli melalui itu pun tidak masalah,” ujarnya.

Namun jika para guru selaku konsumen itu merasa dirugikan dengan produk yang ditawarkan, menurut dia, semestinya bisa juga disampaikan kepada DPRD. Secara obyektif, lanjutnya, DPRD akan menindaklanjuti persoalan itu dengan mengklarifikasi kepada Disdikpora.

”Saya obyektif saja, karena untuk pengadaan laptop pun tidak menggunakan APBD, sehingga negara tidak dirugikan. Namun jika guru-guru selaku konsumen laptop itu merasa dirugikan, silakan sampaikan kepada kami. Tentunya akan kami tindak lanjuti secara kelembagaan DPRD yang memiliki fungsi pengawasan terhadap eksekutif,” kata Paryanto.

Berbeda dengan somasi yang pernah dilayangkan Thontowi kepada Bupati, dikatakan Paryanto, jika dilihat dari kelembagaan DPRD, justru tidak ada hak somasi dari anggota DPRD.

”Jadi saya mempertanyakan itu [hak somasi] apakah atas nama lembaga [DPRD] atau pribadi? Sebab sesuai aturannya memang tidak ada hak somasi bagi anggota DPRD,” jelasnya.

lowongan kerja
lowongan kerja NSC FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • CITY Vtex’2000

    HONDA CITY Vtex’2000 Merah VR AC TP MsnBdy Ist64Jt085100051511…

  • Lowongan Pengasuh Bayi

    BUKAN PENYALUR,Diutamakn Dr Daerah,Putri Max30th,Pengasuh Bayi Cewek 1Th Lbh&Kbersihan,Wjb TdrDlm DiSolo…

  • XENIA Li’2007

    XENIA Li’2007 Silver VR AC TP Msn Bd PjkBr Istw 82Jt085100051511…

  • Lowongan Sopir,Serabutan &ADM

    PENYALUR VARIASI Mobil Smrg Cr Kryw:Mau Krj,Bs Diprcaya,Sopir:SMA,SIMA 25-35Th,Srbtn:Pria SMA SIM C,2-25Th,Adm…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • INNOVA G’2007

    INNOVA G’2007 Euro FulAudio VR Msn Bd Istw AD 132JtNg085100051511…

  • KARIMUN GX’2005

    KARIMUN GX’2005 Htm,M/T,AD-Solo,PjkBr(70),LsgPkai:087735002228…

  • L300 PU’2008

    L300 PU’2008 Hitam,Pjk Gres,AD-Solo(80Jt Saja)Siap Kerja:784148…

Leave a Reply





iklan-mobile-1

Kolom

GAGASAN
Audit Menyeluruh Pelayanan Imunisasi

Gagasan Solopos, Kamis (30/6/2016), Giat Purwoatmodjo. Dosen di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solopos.com, SOLO — Jajaran Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Mabes Polri) menangkap 13 orang karena terlibat pembuatan dan…