Alat Deteksi Kesuburan dengan Air Ludah

maybe-baby

LONDON -  Inggris meluncurkan alat pendeteksi masa subur yang memanfaatkan air ludah atau saliva untuk mengetahui masa subur perempuan.

Alat yang diberi nama Maybe Baby (MB) Tester tersebut berbentuk meyerupai lipstik dan dinyatakan dapat menilai oestrogen dan kadar garam yang terkandung dalam cairan ludah perempuan. Dengan demikian, masa paling subur seorang perempuan dapat diprediksi.

Alat prediksi kesuburan tradisional biasanya menggunakan sampel urin, untuk memeriksa hormon lutenising yang diproduksi dua hari sebelum masa ovulasi.

MB dibanderol seharga £40 itu dan diklaim 98% lebih akurat dibandingkan dengan pemeriksaan menggunakan urin.

Teknologi yang digunakan MB berdasarkan hasil riset di University of Turin, Italia. Para ilmuwan menemukan bahwa oestrogen terkandung di dalam saliva kering.

MB menggunakan tenaga baterai, cara penggunaan alat ini pun tergolong mudah. Hanya dengan meludah atau menjilat lensa mikroskopik yang tersedia, sebelum dipasang pada ujung alat. Setelah 10 hingga 15 menit, pengguna MB dapat melihat hasilnya dengan mengintip melalui lubang kecil yang terdapat di ujung alat, arah berlawanan dengan lensa mikroskopik.

Bila yang terlihat adalah bintik-bintik kecil, maka diperkirakan perempuan sedang dalam masa tidak subur. Sementara masa menjelang subur ditandai dengan adanya pola yang menyerupai daun.

Juru bicara MB, Lyn McGoohan, menyatakan bahwa alat ini memudahkan perempuan yang untuk mengetahui masa suburnya, karena tidak semua perempuan mengetahui siklus masa subur mereka.

“Alat ini bisa digunakan setiap hari oleh perempuan, sehingga tidak akan tertinggal masa ovulasi,” ujar McGoohan sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

Editor: | dalam: Kesehatan |

Berita Terkait

Iklan Cespleng
Menarik Juga »