Soloraya
Sabtu, 20 Oktober 2012 - 16:50 WIB

Terkait Wawali Solo, Rudy Kirim Surat Ke DPP PDIP

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Teka-teki kepastian siapa wakil walikota yang bakal mendampingi Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) belum terjawab. Beberapa tahapan dan proses verifikasi calon wakil walikota harus dilalui. Walikota Solo berencana membuat surat untuk disampaikan ke rapat PDIP, Senin (22/10/2012).

“Konsep saya mendengar, melihat dan berbuat itu merupakan aspirasi yang akan kami sampaikan ke rapat partai.
Sehingga dari rapat partai akan menimbang dan seterusnya. Senin besok kita akan membuat surat,” jelas Rudy saat ditemui wartawan seusai membuka acara pelantikan Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) di Graha Soloraya, Sabtu (20/10/2012).

Advertisement

Rudy mengakui belum mengetahui apakah wakil walikota dari kalangan birokrasi, orang partai dan non partai. Menurutnya, ketentuan kriteria itu akan dirumuskan dalam rapat partai. “Nah, nanti rapat partai itu ada partai pengusung pencalonan untuk menindaklanjuti segera Undang-undang (UU) No 32/2004. Yang intinya agar segera mengisi jabatan kosong walikota,” kata Ketua DPC PDIP Solo ini.

Menurut Rudi, hingga saat ini yang menampung surat-surat dari calon wakil walikota adalah DPC PDIP Solo. Oleh sebab itu, dia meminta tidak gegabah dalam melangkah. “Tahapan yang harus dilalui yakni Pak Jokowi dilantik dulu menjadi gubernur DKI Jakarta. Setelah itu baru wakil walikota diberhentikan. Kemudian wakil walikota dilantik menjadi walikota sesuai amanat UU No 32/2004. Langkah berikutnya, walikota menjalankan amanat UU dengan mengirimkan partai pengusung pencalonan 2010 untuk segera membahas dan membicarakan calon wakil walikota yang akan dikirimkan ke DPRD,” terangnya.

Menurut Rudy, sebelum nama calon wakil walikota dikirim ke DPRD, maka pihaknya akan menyampaikan terlebih dahulu ke DPP PDIP. Saat disinggung berapa lama, Rudy menyatakan proses lebih cepat akan lebih baik. “Saya tidak mau melakukan pencitraan. Selama tujuh tahun saya berada di akar bawah. Namun saya akan melakukan tugas ini dengan talenta yang saya punya. Dan tetap komitmen mengabdi, melayani masyarakat Solo,” kata orang nomor satu di Kota Solo yang baru kemarin dilantik.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif